SM/dok - DITUTUP SEMENTARA : Akses Jalan Gito Gati ditutup untuk sementara waktu selama proses pelebaran.

SLEMAN, SM Network – Proyek pelebaran Jalan Gito Gati Sleman mulai digarap. Untuk memperlancar pengerjaan program fisik itu, akses jalan tersebut ditutup sementara mulai 22 Maret hingga 31 Maret.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Halan Denggung-Wonorejo Bidang Binamarga DPUP-ESDM DIY Wira Sasongko mengatakan, dari hasil rapat lintas sektor disepakati penutupan sementara akan dilakukan dengan dua opsi yakni total dan situasional. “Jalan Gito Gati dari ruas Denggung-Wonorejo ditutup total dari pukul 09.00-15.00 WIB. Diluar jam itu, penutupan dilakukan situasional yakni lalu lintas hanya diperbolehkan dari arah timur ke barat,” katanya kepada wartawan, Kamis (18/3).

Disamping memperlancar pengerjaan proyek, penutupan akses jalan alternatif Jogja-Magelang itu juga demi keselamatan warga. Sebab, pelebaran jalan dilakukan dengan memotong pohon yang ada di sepanjang ruas jalan.

Pelaksanaan proyek peningkatan Jalan Gito Gati dijadwalkan berlangsung selama 150 hari. Mulai tanggal 1 April hingga 22 Juli 2021, akses jalan sudah dibuka 24 jam namun kendaraan hanya boleh melintas dari timur ke barat.

Dia mengakui, kebijakan rekayasa penutupan jalan itu akan berdampak secara ekonomi, khususnya bagi pelaku usaha di sepanjang wilayah proyek.

“Semoga masyarakat bisa memahami karena perbaikan jalan ini sudah mendesak. Pelaksana proyek juga sudah menyampaikan surat pemberitahuan kepada pelaku usaha yang terdampak,” ujar Wira.

Kondisi Jalan Gito Gati selama ini mengalami kerusakan cukup parah. Di beberapa titik terdapat lubang berukuran besar, dan cukup dalam. Padahal, jalan itu merupakan akses penting menuju Jalan Magelang.

Jalan Gito Gati yang menghubungkan perempatan Denggung (Jalan Magelang) dan simpang Kamdanen (Jalan Palagan Tentara Pelajar) memiliki panjang 2,48 km. Namun sasaran pengerjaan infrastruktur tahun ini hanya sepanjang 1 km. Jalan tersebut nantinya akan dilebarkan dari semula hanya 7 meter menjadi 9-11 meter dan dilengkapi sarana trotoar.