Jaga Eksistensi, RMI Sowan Kiai dari Sadang sampai Rowokele

KEBUMEN, SM Network – Pengurus Cabang Rabithah Ma’ahid Islamiyah (PC RMI) NU Kabupaten Kebumen menggelar roadshow dengan sowan kiai dari Sadang sampai Rowokele. Kegiatan yang bertemu langsung dengan para sesepuh Nahdlatul Ulama (NU) Kebumen itu dalam rangka menjaga eksistensi RMI.

Ini mengingat, dari gelaran tersebut mendapat arahan, bimbingan serta nasihat dari para sesepuh NU. Sehingga membawa dampak serta kebermanfaatan bagi keberlanjutan organisasi di bawah naungan NU dengan basis utama pondok pesantren itu. “Roadshow RMI kali ini sudah dimulai sejak Minggu lalu,” kata Ketua RMI Kebumen Gus Fachrudin Achmad Nawawi di sela-sela kesibukannya, Kamis (27/8).

Dengan berombongan yang dipimpin langsung Fachrudin, anggota RMI melakukan road show yang lebih dikenal masyarakat Kebumen dengan istilah Ngendong (berkunjung). Sesepuh NU di kabupaten berslogan Beriman ini pun disambangi satu persatu. Sasarannya dari wilayah perbatasan, mulai Sadang yang berbatasan dengan Banjarnegara, Padureso berbatasan dengan Wonosobo, Prembun berbatasan dengan Purworejo sampai Rowokele yang berbatasan dengan Banyumas.

Untuk wilayah Barat, sesepuh yang dikunjungi antara lain Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kebumen KH Nursodik Abdurachman di kompleks Pondok Pesantren Mambaul Hisam Kecamatan Karanganyar. Mereka disambut hangat oleh ulama kenamaan tersebut. Selain itu mengunjungi kediaman KH Habib Daldiri, pengasuh Ponpes Jariyul Ulum Kecamatan Kuwarasan, KH Ahmad Bukhori selaku sesepuh NU kecamatan Ayah sekaligus pengurus Rois Syuriah MWCNU Ayah, dan KH Syaiful Munir pengasuh Ponpes Nurul Falah Kecamatan Sruweng.

Fachrudin mengemukakan, dalam roadshow tersebut, selain silaturahmi dengan para sesepuh NU, pihaknya juga meminta arahan, bimbingan serta petuah agar kepengurusan RMI periode saat ini benar-benar dapat memberi manfaat. “Karena itulah kami sowan para sesepuh NU,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, pengurus RMI saat ini dapat berjalan dengan baik dan berjalan sesuai rel yang ada. Mengenai masukan-masukan serta arahan dari para sesepuh, lanjut Fachrudin, diharapkan dapat dilaksanakan atau diimplementasikan oleh kepengurusan RMI periode sekarang.

“Banyak pesan-pesan yang sangat bermanfaat dan tentunya membuat semangat baru bagi RMI. Semoga kami bisa melaksanakan apa yang menjadi dawuh atau arahan dari sesepuh agar kepengurusan RMI ini dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.


Arif Widodo / K5

Tinggalkan Balasan