Jabatan Wali Kota Magelang Sementara Akan Diisi Pelaksana Harian

Tunggu Waktu Pelantikan Pejabat Baru

MAGELANG, SM Network – Masa jabatan Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito beserta wakilnya, Windarti Agustina akan segera berakhir per 16 Februari 2021 pukul 23.59. Hanya saja, berakhirnya masa jabatan ini tidak lantas berganti dengan pejabat yang baru, karena belum ada kepastian pelantikan dilakukan.

Hal ini membuat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono bakal ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) walikota Magelang, per 17 Februari 2021 mendatang. Pengangkatan Plh ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Dalam Negeri No.120/738/OTDA tentang Penugasan Plh Kepala Daerah tertanggal 3 Februari 2021.

Dalam SE tersebut, Gubernur menunjuk Sekda sebagai Plh untuk mengisi kekosongan jabatan bupati/wali kota se-Jawa Tengah hingga pelantikan serentak digelar.

“Saya belum tau kapan pelantikan wali kota yang baru. Informasinya pelantikan akan digelar secara serentak. Maka, mendasari pada SE Kemendagri ini, saya diamanahkan menjadi Plh Walikota sampai dengan pelantikan wali kota dan wakil wali kota Magelang yang baru,” ujarnya, Senin (15/2).

Joko menjelaskan, jabatan Plh wali kota diperlukan agar roda pemerintahan tidak sampai terjadi kekosongan. Namun, jabatan tersebut hanya bisa meneruskan, alias tidak bisa membuat program-program baru.

“Hanya transisi semata, mengisi kekosongan sementara waktu. Untuk kebijakan khusus, bukan wewenang Plh. Nanti kami akan meneruskan, kebijakan-kebijakan yang telah berjalan, sekaligus menyiapkan pelantikan wali kota yang baru,” katanya.

Dia memastikan, penanganan Covid-19 akan tetap jalan terus meski jabatan wali kota dipegang Plh. Termasuk soal rencana vaksinasi tahap kedua, pada akhir Februari mendatang.

“Calon penerima vaksin terus dijalani. PPKM mikro tingkat RT/RW juga terus diawasi. Kita ingin, pengawasan Covid-19 tetap jalan terus, meskipun belum ada wali kota definitif,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito mengutarakan, masa jabatannya akan berakhir pada 17 Februari 2021, pukul 00.00 WIB. Wali kota dua periode ini menambahkan, sesuai dengan SE Kemendagri, maka Sekda Kota Magelang yang diangkat sebagai Plh Walikota.

“Semua yang menggelar pilkada mengangkat Sekda menjadi Plh Bupati dan Wali Kota. Karena estafet pemerintahan ini harus terus berjalan. Semoga saja segera ada kepastian pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih,” ungkapnya.

Dia juga berharap, semua aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat Pemkot Magelang tetap kompak dan saling mendukung satu sama lain. Sebab, tidak ada satu pemimpin pun yang akan sukses tanpa peran dan bantuan dari jajaran atau pejabat di bawahnya.

“Apa-apa yang sudah kita capai ini adalah peran dari seluruh pejabat dan ASN Pemkot Magelang yang selama ini mampu menerjemahkan visi dan misi saya bersama Wakil Wali Kota. Saya sudah dua periode di sini, dan menyampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh pejabat, ASN, dan masyarakat Kota Magelang,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan