Istri Bupati Sleman Menang di TPS Barak Pengungsian

SLEMAN, SM Network – Antusiasme warga Dusun Kalitengah Lor, Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Sleman menyalurkan hak suara dalam Pilkada 2020 terbilang cukup tinggi. Dari 404 warga yang terdaftar di dalam DPT, 287 orang diantaranya ikut berpartisipasi.

Mereka mencoblos di TPS 08 yang lokasinya berada di dekat barak pengungsian Glagaharjo. Hasil penghitungan di tingkat TPS, pasangan nomer urut 3 Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa unggul dengan perolehan 214 suara. Jauh dibawahnya, pasangan Sri Muslimatun-Amin Purnama, dan Danang Wicaksana Sulistya-Agus Choliq masing-masing mengantongi 45 dan 18 suara.

Adapun surat suara yang tidak sah sebanyak 10. “Harapan kami setidaknya 70 persen tingkat partisipasi pemilih di TPS barak pengungsian. Target itu tercapai, hingga batas waktu pukul 13.00 ada 71 persen pengguna hak pilih,” kata Ketua PPK Cangkringan, Sri Rahayu ditemui, Rabu (9/12).

TPS 08 Glagaharjo diperuntukkan warga Kalitengah Lor karena dusun mereka masuk dalam radius 5 kilometer dari puncak Merapi. Sesuai rekomendasi BPPTKG, zona tersebut dikosongkan. Karena hingga menjelang hari H pemungutan suara status Merapi masih Siaga, KPU memutuskan untuk memindahkan TPS Kalitengah Lor ke lokasi barak.

Saat ini, di barak Glagaharjo ada sekitar 240 warga yang mengungsi dan 104 diantaranya memiliki hak pilih. TPS 08 tempat warga Kalitengah Lor mencoblos didirikan di kompleks TK ABA Cepitsari. Berdasar pantauan Suara Merdeka, pelaksanaan pemungutan suara di TPS tersebut berjalan relatif lancar.

Protokol kesehatan diberlakukan ketat. Sebelum masuk, warga diminta mencuci tangan terlebih dulu dari kran air yang bersumber tandon. Setelah itu, pemilih yang sudah mengenakan masker, dicek suhu tubuhnya kemudian diberi sarung tangan plastik sekali pakai.

Meski angka partisipasi cukup tinggi, beberapa warga setempat mengaku tidak kenal calon yang akan dicoblos. Salah satunya Wanto (55). “Belum pernah ketemu dengan calonnya. Melihat dari gambar saja,” ujarnya.

1 Komentar

  1. Nice post. I learn something totally new and challenging on websites I stumbleupon everyday. It will always be interesting to read through content from other writers and use something from other sites. Leona Hersh Mureil

Tinggalkan Balasan