KEBUMEN, SM Network – Hampir seluruh wilayah Jawa Tengah saat ini telah ditetapkan sebagai zona merah penyebaran Covid -19 tak terkecuali Kabupaten Kebumen. Pasien Covid-19 yang pertama dirawat di Kebumen berasal dari Kecamatan Rowokele.

Hal ini menimbulkan kecemasan masyarakat sekitar tak terkecuali warga Desa Purbowangi, Kecamatan Buayan yang lokasinya berdekatan. Selain itu, sebagian besar mata pencaharian penduduk Desa Purbowangi adalah petani dan  bekerja menjadi buruh banyak yang mengalami PHK akibat pandemik.

Kondisi ini pula menambah kebingungan masyarakat. Terlebih lagi imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah, menjaga jarak, melakukan cuci tangan, menggunakan masker saat keluar rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Di sisi lain mereka juga harus bekerja untuk biaya hidup keluarga.

Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jawa Tengah sebagai organisasi profesi psikolog klinis berinisiatif untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Purbowangi dengan menggandeng tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKR) RSUD Dr Soedirman (RSDS) Kebumen. Yakni mempersiapkan RT 05 RW 06 Desa Purbowangi, Kecamatan Buayan, Kebumen sebagai  salah satu Desa Siaga COVID-19.Sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan di desa tersebut, yaitu pembentukan relawan Covid-19 di tingkat RT 05 RW 06 yang dikoordinatori oleh Bapak Mujito SST, sosialisasi Covid-19 oleh dr Dhiandra dari RSUD Dr Soedirman Kebumen, sosialisasi handhigine, etika batuk dan manfaat pemakaian masker (Komite  PPI RSUD Dr Soedirman Kebumen).

Serahkan Bantuan

Kemudian psikoedukasi tentang mengatasi kecemasan di masyarakat akibat Covid-19 (Ikatan Psikolog Indonesia Wilayah Jawa Tengah) dilanjutkan penyerahan bantuan tempat air untuk cuci tangan sebelum masuk rumah, sabun cuci tangan dan masker oleh IPK Indonesia Wilayah Jawa Tengah.

Kegiatan ini juga melibatkan tokoh masyarakat di Desa Purbowangi, Kepala Desa Purbowangi, Kepala   Puskesmas Buayan, Camat Buayan yang diwakili oleh Sekcam Buayan dan masyarakat sekitar.

Ketua IPK Indonesia Wilayah Jawa Tengah Dra  Endang Suparti Sri Sugihartati melalui salah satu pengurus Yulia Tri Haryanti SPsi,  psikolog yang ikut terjun langsung dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Desa Siaga Covid-19 merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian program yang telah dan akan dilaksanakan oleh pengurus wilayah Jateng.

“Kegiatan serupa juga telah dilaksanakan di Kabupaten Klaten. Sebelumnya IPK Wilayah Jateng  telah membuka layanan konseling online yang langsung diberikan oleh para psikolog klinis Jawa Tengah,” ujar Yulia Tri Haryati.

Beberapa daerah, juga telah melaksanakan PFA (Psychological First Aids) atau pertolongan pertama psikologis bagi masyarakat yang terdampak pandemik di Banjarnegara. Selain itu, kegiatan sosial membagi sembako bagi masyarakat yang terdampak pandemi juga sudah dilaksanakan di tujuh wilayah yaitu Banjarnegara, Kebumen, Purwokerto, Klaten, Solo, Salatiga, dan Blora.

“Kegiatan ini masih terus dijalankan dengan membuka donasi bagi masyarakat luas yang bersedia menyalurkan bantuannya melalui organisasi IPK Indonesia,” ujar Yulia Tri Haryanti.

Kepala Puskesmas Buayan Suhartini SST MH mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan saat pandemik. Karena yang baru pertama kali di Kecamatan Buayan itu diharapkan menjadi role model atau contoh RT dan desa lainya di Kecamatan Buayan.


Supriyanto

1 KOMENTAR