INOBEL I-STEM/STEAM Raih Top 45 Inovasi Pelayanan Publik

MAGELANG, SM Network – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) memberikan penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020 kepada Kota Magelang. Penghargaan dirah berkat inovasi kategori pendidikan bernama INOBEL I-STEM/STEAM.

INOBEL I-STEM/STEAM merupakan inovasi pembelajaran melalui Project Based Learning dengan pendekatan STEM/STEAM (Sains, Technology, Enggineering, Art, Mathematics). Inovasi ini lolos setelah melalui seleksi Tim Panel Independen (TPI) terhadap Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020 pada 29 Juni – 16 Juli 2020.

Inovasi ini dipresentasikan oleh Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina di hadapan TPI secara daring pada 20 Juli 2020. Ia pun bersyukur mendapat penghargaan ini. Di tengah perjuangan menghadapi pandemi Covid-19, tetap ada semangat berinovasi.

“Inovasi pembelajaran ini selaras dengan Bidang Pendidikan yang akan dicapai Pemkot Magelang, yakni pendidikan dan pengembangan SDM yang melek teknologi, dukungan penelitian, dan pengembangan karakter sosial budaya masyarakat,” ujarnya di kantornya, Selasa (28/7).

Dia menuturkan, pendidikan turut andil meningkatkan pelayanan publik melalui inovasi pembelajaran. Pemkot Magelang pun berkomitmen mewujudkan Kota Cerdas untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui Smart People.

Adapun tujuan utama INOBEL I-STEM/STEAM adalah meningkatkan keterampilan 4C (critical thinking, creativity, collaborative, communicative) dan kemampuan kreativitas matematis siswa. Inovasi ini juga mendorong jiwa empati dan kepeduliaan siswa terhadap lingkungan sekitar.

“Pengetahuan yang diperoleh siswa dalam proses pembelajaran dapat diaplikasikan untuk memecahkan masalah pada dunia nyata. Sehingga, siswa tidak hanya sekadar belajar namun juga langsung menerapkan ilmu dari yang dipelajari,” katanya.

Dicontohkannya, pada pelajaran Matematika yang selama ini masih dianggap momok oleh para siswa. Padahal Matematika memiliki peran sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang membangun dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif bagi kehidupan di masa datang.

Dengan INOBEL I-STEM/STEAM menjadikan pembelajaran matematika dengan suasana yang berbeda, menantang, dan menyenangkan. Harapannya dengan suasana pembelajaran seperti itu dapat menggugah semangat belajar dan kesukaan terhadap pelajaran matematika.

“Penghargaan bukan tujuan utama dalam sebuah inovasi, akan tetapi bagaimana memanfaatkan teknologi untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.


Asef Amani

6 Komentar

  1. Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

  2. I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this web site is in fact pleasant.

  3. I used to be able to find good info from your blog posts.

  4. 661925 791850Quite fascinating topic , appreciate it for posting . 974422

  5. 622124 592207I admire the useful facts you offer inside your articles. I will bookmark your weblog and also have my children verify up here often. Im really confident theyll learn lots of new issues right here than anybody else! 289521

Tinggalkan Balasan