Ini Tips Sederhana Dandim Jogja untuk Tingkatkan Imunitas saat Pandemi Corona

YOGYAKARTA, SM Network – Pandemi Covid-19 sudah terjadi hampir empat bulan dan meningkatnya imunitas tubuh seseorang dinilai ampuh untuk menangkal virus yang menyerang saluran pernafasan tersebut. Komandan Kodim (Dandim) 0734/Yogyakarta Kolonel Arm Tejo Widhuro pun memiliki cara agar imunitas seseorang bisa meningkat.

“Berolahragalah yang rajin. Selain bisa meningkatkan imun di tubuh, juga bisa menjaga imun itu tetap di tubuh,” papar Dandim, Senin (3/8).

SMN/dok – LARI: Sejumlah anggota Kodim 0734/Yogyakarta rutin berolahraga lari mengelilingi Makodim Jogja untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.

Menurut dia menjaga jarak alias social distancing merupakan bagian dari imbauan pemerintah guna memperlambat penyebaran pandemi virus Corona. Namun bukan berarti aktivitas yang terbatas membuat anggota Kodim 0734/Yogyakarta bermalasan dan tidak berolahraga.

“Tak perlu sulit- sulit untuk olahraga, cukup lari saja. Kami pun melakukan itu dengan memutari seputaran belakang Makodim Jogja,” jelasnya.

Menurut Dandim, dengan berolahraga yang teratur setiap orang bisa memiliki badan yang sehat dan mampu menjaga ketahanan tubuh sebagai seorang prajurit demi menunjang tugas sehari-hari. Selain itu berolahraga sangat penting untuk meningkatkan imun di dalam tubuh saat pandemi Covid-19 sekarang ini.

Lebih lanjut Tejo menyebutkan bahwa para prajurit harus selalu meluangkan waktu untuk berolahraga, jika tak bisa berlari bisa dilakukan dengan berjalan supaya keringat bisa keluar dan membakar lemak yang ada di dalam tubuh.

“Kita harus jaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan sehat demi kelancaran tugas. Jika tak bisa olahraga di pagi hari, usahakan olahraga usai melakukan aktivitas sehari-hari,” paparnya.

Sementara itu, salah satu anggota Kodim Jogja, Serma Rohmat menambahkan, meski lari merupakan aktivitas sederhana namun tetap diawali dengan pemanasan guna menghindari terjadinya resiko cidera otot pada saat berolahraga.
“Pemanasan wajib dilakukan sebelum melakukan kegiatan fisik untuk menghindari resiko cidera otot,” tandas dia.


Gading Persada

Tinggalkan Balasan