YOGYAKARTA,SM Network- Salah satu operator seluler ternama di Indonesia, XL Axiata mencatat sejumlah lokasi wisata populer di Tanah Air mengalami lonjakan trafik komunikasi selama libur panjang akhir tahun. Tercatat libur panjang akhir tahun mulai 23 Desember 2019 sampai 2 Januari 2020.  

Area-area lokasi wisata popular yang mengalami lonjakan trafik antara lain Pantai Carita sebesar 200 persen, Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali 150 persen, dan Gili Trawangan Lombok sebesar 80 persen. Kemudian di Labuhan Bajo Nusa Tenggara Barat, trafik layanan data juga naik sebesar 10 persen, Ciater Jawa Barat naik sebesar 235 persen, kemudian Pantai Indrayanti Yogyakarta 360 persen serta Jatim Park 2 Malang sebesar 115 persen.

“Secara nasional, sepanjang liburan akhir tahun ini, trafik data meningkat signifikan, mencapai sekitar 14 persen dibandingkan trafik di hari normal. Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu yang mencapai 38 persen,” papar Rd. Sofia Purbayanti selaku Group Head Central Region XL Axiata, Sabtu (4/1).

Menurutnya, area-arae di luar Jawa juga cukup berkontribusi dalam kenaikan trafik kali ini. Rata-rata kenaikan trafik di luar Jawa mencapai 15 persen. Tiga area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi antara 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 adalah Kabupaten Malang sebesar 26 persen, Kabupaten Cianjur 26 persen, dan Kab.

Banyuwangi 25 persen. Saat Natal, trafik di wilayah dengan komunitas Nasrani seperti Medan dan sekitarnya mengalami peningkatan trafik sebesar 10 persen, Manado 18 persen dan Kupang 21 persen.  Sementara itu, trafik data di area Jabodetabek yang ditinggalkan banyak warganya selama periode liburan ini mengalami penurunan sekitar 5 persen dibanding hari normal.

Selama periode libur Natal dan Tahun Baru ini, pelanggan XL Axiata juga aktif menggunakan layanan data selama berlibur di luar negeri, terlihat dari kenaikan trafik roaming sebesar 20 persen dibandingkan hari biasa.

“Jenis layanan data yang paling banyak digunakan adalah Youtube yang mengalami lonjakan trafik hingga  80 persen dibandingkan hari biasa. Selanjutnya adalah Whatsapp sebesar 30 persen, Mobile Legend 26 persen dan Instagram 10 persen.  Layanan streaming video dan musik menjadi favorit karena tingkat kenyamanan penggunaannya juga semakin baik,” tandas dia.


(Gading Persada)

1 KOMENTAR