Ini Hasil Survei Lsi Jawa Tengah Pilkada Purworejo 2020

PURWOREJO, SM Network – Lingkaran Survei Indonesia (LsI) Jawa Tengah mengeluarkan hasil survei terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Purworejo 2020. Hasil survei antara lain mengungkap prosentase ketiga figur Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati-Wakil Bupati dari segi figur yang diinginkan masyarakat.

Pembicara Lsi Jawa Tengah, Trisna Dinata, mengungkapkan bahwa pelaksanaan survei Lsi Jawa Tengah di Kabupaten Purworejo dilakukan dengan melibatkan 58 tim survei dari 5 September hingga 11 September 2020. Survei antara lain untuk mengetahui bagaimana respons masyarakat terhadap bupati saat ini baik kedekatan dan kepuasan, serta figur yang dikehendaki masyarakat.

“Metode survei dan analisa dilakukan dengan pengambilan sampel sebanyak 3200 responden yang tersebar di 16 kecamatan di Purworejo. Metode survei dengan dialok koperatif random sistem yang mencakup warga baik di perkumpulan, pasar, tempat keramaian, rumah warga, pertanian, sektor birokrasi, dan lain-lainnya,” ungkap Trisna Dinata dalam konferensi pers penyampaian hasil survei Pilkada Purworejo 2020 Lsi di Kohi Cafe di Kutoarjo, Purworejo, Selasa (15/9).

Hasil dari survei tersebut antara lain mengungkap bahwa dari segi figur yang diinginkan masarakat, Bapaslon Kuswanto – Kusnomo sebanyak 33%, Bapaslon Agus Bastian – Yuli Hastuti 32%, Agustinus Susanto – Rahmad Kabuli 4%, dan 31% belum menentukan pilihan.

Krisna Dinata menyebut, faktor pengaruh penurunan elektabilitas terhadap pemerintahan sekarang (petahana), yakni karena masarakat kurang merasakan sosok kehadiran pemerintah di saat pandemi. Dalam sektor pertanian (terkait kesetabilan

harga jual produk, susahnya dalam mendapatkan pupuk), serta susahnya perekonomian saat pandemi.

Sedangkan faktor kenaikan salah satu Bapaslon yakni karena mendapat dukungan dari tokoh masyarakat agama yang terpandang yang dapat memberikan pengaruh langsung ke masarakat dengan jamaahnya. Selain itu juga kesantunan dari personal paslon dalam berpolitik.

“Hasil (survei) ini masih sangat awal, jadi ini masih sangat fleksibel untuk berubah, masih bisa bergerak, tinggal bagaimana tim sukses menyikapi data itu. Apakah tim sukses menyikapi data itu dengan kerja keras atau tim sukses hanya leha-leha atau nglokro,” kata Koordinator Survei Lsi Jawa Tengah, Puja.

Mengengai bagaimana masyarakat mengenal baik bupati, Trisna Dinata menyebut, berdasarkan hasil survei responden yang menjawab ya 38%, tidak 40%, dan tidak tahu 21%. Sedangkan mengenai kepuasan masarakat Purworejo dengan kepemimpinan bupati, responden yang menjawab ya sebanyak 37%, tidak 28%, dan tidak tahu 25%.

Trisna Dinata menambahkan, dengan pemaksimalan data hasil survei yang telah ada dapat digunakan sebagai acuan dalam pergerakan sebagai langkah starategi dalam menentukan peluang mana yang harus di ambil dan juga cara menyikapi dari peluang tersebut di implementasikan dalam sebuah program nyata yang dapat dirasakan masyarakat untuk mendapatkan simpatik dan juga suara yang terbaik dari masararakat.

Tinggalkan Balasan