Ini Cara Warga Desa di Magelang Antisipasi Kekeringan

MAGELANG, SM Network – Guna mengantisipasi kekeringan di musim kemarau mendatang, sebuah sumur bor dibuat untuk dipergunakan oleh warga Desa Ngadirejo, Kecamatan Salaman.

Penyerahan secara simbolis dan syukuran dilaksanakan Minggu (2/1), Anggota DPR RI Dapil Jateng VI, Abdul Kadir Karding bersama warga sekitar. Acara dilangsungkan dengan doa bersama agar sumur bor ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng.

“Di sini rawan kekurangan air bersih. Tiga RT, yaitu 4, 5, dan 6. Setelah ada sumur bor, setidaknya 50 orang tiap hari mengambil air dari sumur ini,” ujar Kepala Desa Ngadirejo Hamid .

Selain mencukupi kebutuhan rumah tangga, sumur bor ini juga akan dimanfaatkan untuk keperluan pembibitan. “Rata-rata di sini memiliki usaha pembibitan. Ada klengkeng, duren musangkeh dan bawor, alpukat, jambu,” terangnya.

Tidak cukup sampai di situ. Pihaknya juga akan melakukan penganggaran untuk pipanisasi ke rumah-rumah. Sehingga warga tidak perlu ngangsu menggunakan dirigen-dirigen lagi. “Nanti tahun depan pipanisasi dan pembangunan penampungan bak untuk disalurkan ke rumah-rumah bisa pakai dana desa,” kata Hamid.

Anggota DPR RI Dapil Jateng VI, Abdul Kadir Karding berharap program semacam ini dapat diteruskan oleh pemerintah. “Untuk daerah terpencil agar mendapat air bersih dan pengairan yang cukup. Minimal 10 titik tiap dapil dapat, salah satu yang dapat dusun Ngadiwongso, Ngadirejo ini,” jelasnya.

Pihaknya sengaja memilih daerah yang rawan kekurangan air bersih, terutama saat kemarau datang. “Masyarakat sini memang kekurangan air. Alhamdulillah dengan adanya sumur bor ini bisa membantu 300 KK di sini,” jelasnya.

Dian Nurlita

Tinggalkan Balasan