Ini 14 Destinasi Wisata Sleman yang Bakal Jalani Uji Coba Terbatas

SLEMAN, SM Network- Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sleman sudah menerima sejumlah usulan destinasi wisata untuk dilakukan uji coba pembukaan secara terbatas. Setidaknya sudah ada 14 titik daya tarik wisata di Bumi Sembada yang diusulkan untuk melakukan hal tersebut.

“Ada 14 destinasi wisata yang diusulkan dan mayoritas wisata alam,” ungkap Koordinator Bidang Ekonomi Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sleman Sudarningsih usai menghadiri Sosialisasi dan Pendampingan Aktivasi SDM Parekraf di Embung Senja, Cebongan, Sleman, kemarin.

Ning, sapaan akrabnya, mengungkapkan ke-14 destinasi wisata tersebut adalah Bhumi Merapi, Minizoo, Taman Kaliurang, Taman Tebing Breksi, Sindu Kusuma Edupark (SKE), Museum Gunung Merapi, Monumen Jogja Kembali (Monjali), PT TWC Prambanan, Kampung Flory, Omah Oblong, Upside Down, Grand Citra, Studio Alam Gamplong, dan Kembang Arum.

“Mereka kami rekomendasikan untuk mendapat persetujuan provinsi sebagai destinasi wisata yang akan melakukan uji coba pembukaan secara terbatas,” papar Ning yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman tersebut. Wanita berhijab itu mengakui, dari ke-14 daya tarik wisata tersebut sebagian besar merupakan wisata alam.

Hal itu pun diakuinya wajar karena wisata alam memiliki kecenderungan untuk menerapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) pencegahan Covid-19 dengan mudah. “Wisata alam itu lebih mudah dalam menerapkan format SOP pencegahan Covid-19, lebih mudah mengendalikan juga pengunjungnya. Nanti yang masuk ke sana harus mau didata dan kita bisa melakukan tracing jika ada sesuatu,” ungkap dia.

Selain merekomendasikan 14 destinasi wisata untuk melakukan uji coba terbatas, pihaknya juga menyiapkan destinasi wisata untuk memecah kunjungan wisatawan. Salah satu yang terus dipoles adalah Embung Senja yang berada di Cebongan, Sleman.

“Seperti Embung Senja ini menjadi wisata alternatif diluar Breksi dan Kaliurang. Lalu ada juga Desa Wisata Glampong itu juga kami siapkan sebagai alternatif. Harapannya nanti wisatawan tidak berkumpul di satu titik saja,” tandas Ning.


Gading Persada

6 Komentar

  1. Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

  2. Good one! Interesting article over here. It’s pretty worth enough for me.

  3. Very good article! We are linking to this particularly great content on our site. Keep up the great writing.

  4. 729349 165875In case you tow a definite caravan nor van movie trailer your entire family pretty soon get exposed towards the down sides towards preventing finest securely region. awnings 115729

Tinggalkan Balasan