Industri Kreatif Kuasai Masa Depan

YOGYAKARTA, SM Network – Inovasi dan kreasi anak-anak muda akan menguasai dunia. Industri kreatif bakal terus berkembang dan melampaui batas-batas wilayah. Inilah kesempatan bagi anak-anak muda untuk menerjuni dan menekuni industri kreatif.

President of Silicon Valley Innovation Center, Andrey Kunov PhD mengungkapkan hal itu dalam kuliah umum usai menandatangani kerja sama dengan Universitas Amikom Yogyakarta, kemarin. Ia yang berbicara tentang entrepreneur mengungkapkan kegelisahan anak-anak muda setelah lulus perguruan tinggi. Banyak yang bertanya-tanya, setelah lulus bakal ke mana, bekerja dalam perusahaan, pemerintahan, industri atau menjadi wirausaha.

”Banyak industri kreatif yang menguasai masa depan dunia dan diawal dari nol. Saya sebelumnya juga tidak pernah membayangkan perkembangan akan secepat ini,” ujar Andrey.

Ia menegaskan industri kreatif sangat berperan di masa yang akan datang, Menurutnya saat ini merupakan saat yang tepat menjadi entrepreneur. Ia tak ingin anak-anak muda lulusan kuliah menunda-nunda, mereka harus segera merebut kesempatan menjadi entrepreneur.

Terkait kerja sama dengan Amikom, ia mengatakan merupakan kesempatan besar bagi kedua pihak untuk saling membantu. Kampus memiliki SDM yang siap bertarung di era global sedangkan pihaknya memiliki jaringan dan teknologi. Silicon Valley ingin memberikan nilai positif bagi Amikom, Yogyakarta dan Indonesia.

Tembus Dunia

Universitas Amikom Yogyakarta menjadi satu-satunya kampus yang mampu menembus pusat industri kreatif dunia, Silicon Valley, USA. Rektor Prof Dr M Suyanto MM dan jajarannya menandatangani kerja sama dengan Silicon Valley.

Suyanto menjelaskan dirinya beberapa kali melakukan pertemuan dengan sejumlah petinggi Silicon Valley dan mendapat sambutan positif. Pasalnya, kampus telah membuktikan keterlibatannya dalam industri kreatif global. Banyak alumni, dosen maupun mahasiswa yang mengikuti kegiatan internasional dalam industri kreatif terutama film.

Usai penandatanganan kerja sama, ia memperkenalkan profil kampus Amikom sekaligus karya-karya nyata sivitas akademika. Beberapa karya masih dalam proses dan siap meramaikan industri film animasi global. Indonesia kaya cerita rakyat yang menurutnya layak diangkat ke layar lebar. Ia telah menerima tantangan dan tawaran membuat film animasi yang akan ditayangkan secara global.

Tinggalkan Balasan