Imbas PSBB Total, Wisatawan ke DIY Diprediksi Menurun

JOGJAKARTA, SM Network – Wacana pemprov DKI Jakarta yang akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai Senin (14/9/2020) diprediksi berdampak terhadap kunjungan wisatawan ke Yogyakarta.

Kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta maupun Provinsi DIY diprediksi bakal menurun sebagai imbas dari penerapan kebijakan PSBB total di DKI Jakarta. Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan pengurus daerah (DPD) gabungan industri pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Bobby Ardyanto Setyo Aji.

SM/Dananjoyo – WISATA : Wisatawan menikmati suasana Malioboro, di Yogyakarta, Minggu (13/9).

Menurutnya PSBB yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan berpengaruh terhadap jumlah kunjungan wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). “Kemungkinan akan terjadi penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke Yogya,” ujar Bobby.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata DIY dari aplikasi visitingjogja tercatat sejak Sabtu (11/07/2020) hingga Jumat (11/09/2020) sebanyak 22.397 wisatawan dari Jakarta berkunjung ke DIY.

“Dampaknya pasti ada. Ini masih dipantau perkembangannya pada minggu pertama. Untuk berapa besar pengaruhnya belum bisa diidentifikasi ,” jelasnya.

Bobby juga menambahkan, dalam masa pelonggaran aktivitas, jumlah kunjungan wisatawan mayoritas merupakan kunjungan keluarga. Sehingga untuk kunjungan dalam skala besar peningkatannya belum signifikan.

“Saat ini, pihaknya dan para stake holder wisata di DIY tetap memfokuskan pada penerapan protokol kesehatan. Meskipun, kemungkinan akan ada penurunan pengunjung pada masa PSSB di Ibu kota,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan