SM/Arif Widodo - TINJAU RUSUNAWA : Perwakilan Dinkes didampingi pihak IAINU meninjau Rusunawa, Rabu (23/4).

KEBUMEN, SM Network – IAINU Kebumen menyiapkan Asrama Mahasiswa (Rusunawa) sebagai tempat isolasi. Kesiapan tersebut menyikapi dampak korona atau Covid-19. Di mana perkembangan di Kebumen semakin meningkat jumlah ODP dan PDP.

Menurut Rektor IAINU Kebumen, Imam Satibi, pihaknya hadir untuk ikut serta dalam pencegahan Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan di Kebumen.

“Dengan keadaan ini, IAINU berinisiatif menyiapkan Rusunawa yang terdapat 25 ruang dan 25 kamar mandi serta semfasilitas siap pakai lainnya,” kata Imam.

Kabid Promkes Dinkes Kabupaten Kebumen Tri Tunggal merespos dengan melakukan peninjauan kelayakan Rusunawa IAINU Kebumen sebagai calon/alternatif tempat untuk menampung ODP dan PDP di Kabupaten Kebumen, Rabu, (22/4).

Ia yang masuk jajaran Bidang Pencegahan pada Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kebupaten Kebumen itu menilai keberadaannya tempat cukup layak. Ada beberapa sarana yang dipantau kesiapannya, yakni ketersediaan ruang, tempat tidur, listrik, kamar mandi, dan akses.

“Tinggal nanti keputusannya dirapatkan di tingkat Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kebumen,” terangnya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Mukhsinun yang mendampingi peninjauan kemarin menyampaikan bahwa prinsipnya IAINU mendukung penuh langkah pemerintah melalui Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 dalam upaya percepatan penanganan korona di Kebumen melalui penyiapan tempat penampungan ODP dan PDP.

“Akan tetapi jika sudah ada kepastian, kami berharap mendapatkan surat tertulis dan diberitahukan secepatnya agar ada persiapan teknis di IAINU untuk pembatasan area yang lainnya atau sterilisasi. Selain itu juga ada pengamanan selama 24 jam,” jelasnya.


Arif Widodo