SM/Hafidz Kurnia Ariyansyah - FOTO BERSAMA : Pimpinan Redaksi Suara Merdeka Gunawan Permadi bersama dengan Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti dan tamu undangan lainnya foto bersama setelah menyerahkan dari panti asuhan Nurul Muttaqin Desa Kemiri Lor.

PURWOREJO, SM Network – Dalam rangka hari ulang tahun Suara Merdeka yang ke 71, Suara Merdeka Perwakilan Kedu-Diy Purworejo mengadakan acara doa bersama dan pemberian santunan bagi anak yatim piatu. Acara tersebut diadakan di gedung PKPRI Purworejo,Kamis malam (28/1).

Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti, Pimpinan Redaksi Suara Merdeka Gunawan Permadi, Kepala Biro Suara Merdeka Kedu DIY Edy Purnomo, Koordinator Bisnis Suara Merdeka Kedu Aris Himawan, Direktur PDAM Purworejo Hermawan, Direktur Bank Purworejo Widi dan para Kepala Biro Suara Merdeka lainnya.

Acara dimulai dengan sambutan dari Koordinator Bisnis Suara Merdeka Kedu Aris Himawan kemudian dilanjutkan acara doa bersama dan pemberian santunan bagi anak yatim berupa uang tunai dan sembako yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti.

Selain itu dalam acara tersebut juga dilakukan prosesi pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati Purworejo yang kemudian diserahkan kepada Pimpinan Redaksi Suara Merdeka Gunawan Permadi.

Aris Himawan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan doa bersama malam Jumat Kliwon ini rutin diadakan. Selain doa bersama juga diadakan bantuan untuk anak yatim piatu.

“Untuk doa bersama ini cukup istimewa karena bersamaan dengan peringatan HUT Suara Merdeka yang ke 71. Sebelum acara doa bersama paginya diadakan capacity building dan pagi harinya ngontel bareng karyawan Suara Merdeka dari Kota Purworejo sampai Pantai Jatimalang,” katanya.

Sementara itu, Yuli Hastuti dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada keluarga besar Suara Merdeka yang merayakan ulang tahun yang ke 71. Dengan bertambahnya usia dia berharap Suara merdeka akan semakin kokoh sebagai salah satu aset media massa Jawa Tengah bahkan Indonesia.

Dirinya juga mengapresiasi perayaan ulang tahun Suara Merdeka diisi dengan kegiatan positif yaitu doa bersama dan pemberian santunan anak yatim.

Hal tersebut menunjukkan tingginya kepedulian dan kepekaan yang dimiliki keluarga besar Suara Merdeka.

“Suara Merdeka yang didirikan pada tanggal 11 Februari 1950 merupakan salah satu surat kabar terbesar dan tertua di Jawa Tengah. Sejak berdiri hingga saat ini Suara Merdeka adalah surat kabar yang menjadi bacaan wajib masyarakat Jawa Tengah. Sehingga tidak berlebihan jika Suara Merdeka memiliki slogan perekat komunitas Jawa Tengah,” imbuhnya.

Dia mengatakan seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, media cetak cenderung mengalami penurunan omzet. Namun Suara Merdeka mampu bertahan dengan menghadirkan Suara Merdeka dalam bentuk e-paper dan berita online. Sehingga selain surat kabar cetak masyarakat bisa mengakses melalui internet.

Media massa, lanjutnya, merupakan mitra pemerintah yang turut berperan mensosialisasikan program, kegiatan dan kebijakan pemerintah.

Mengenai hal tersebut dirinya berharap Suara Merdeka bisa terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam mensukseskan program pembangunan daerah.

Dia menambahkan media massa juga memiliki kontrol sosial agar program dan kebijakan pemerintah tidak menyimpang dari aturan yang ada. Pemerintah akan menerima dengan baik setiap kritik yang membangun oleh media massa. Namun tentunya harus tetap proporsional dan profesional, sehingga tercipta suasana kondusif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Semoga Tuhan yang maha kuasa selalu memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan kepada kita semua. Dirgahayu Suara Merdeka” pungkasnya. (mg1)