SMN/dok - THERMAL GUN: Seorang calon penumpang dicek suhu tubuhnya dengan thermal gun sebelum masuk ke peron di Stasiun Lempuyangan Jogja.

YOGYAKARTA, SM Network- Perseroan Terbatas (PT) Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Jogja akhirnya memperpanjang pembatalan perjalanan kereta jarak jauh hingga 31 Mei mendatang. Semula pembatalan perjalanan kereta jarak jauh ini akan berakhir 30 April nanti sejak dimulainya larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah pada 24 April lalu.

“Kami resmi memperpanjang pembatalan seluruh perjalanan kereta api jarak jauh arah barat (Jakarta / Bandung) maupun arah timur (Surabaya / Malang / Ketapang) untuk mudik lebaran sampai dengan tanggal 31 Mei 2020. Pembatalan sementara seluruh perjalanan KA jarak jauh ini dilakukan sebagai dukungan kebijakan larangan mudik dari pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19,” papar Manager Humas PT KAI Daop 6 Jogja Eko Budiyanto, Selasa (29/4).

Sebelumnya, kata Eko, pihaknya telah menerapkan pola pembatalan sementara perjalanan KA sampai 30 April nanti sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan. Lantas, setelah dilakukan evaluasi dan mengikuti perkembangan di lapangan, PT KAI memutuskan untuk memperpanjang pembatalan sementara kereta jarak jauh sampai dm setelah lebaran yaitu tanggal 31 Mei.

“Selain membatalkan perkalanan KA jarak jauh, terdapat juga pembatalan sementara KA Perintis Batara Kresna relasi Purwosari – Wonogiri (PP),” ungkapnya. Eko menghimbau kepada masyarakat yang telah memiliki tiket perjalanan mudik untuk membatalkan perjalanannya atau mereschedule. Pihak PT KAI pun memberikan refund 100 persen untuk pembatalan tiket keberangkatan sampai dengan tanggal 4 Juni, yang bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access maupun loket stasiun.

Lebih lanjut ditambahkanya, untuk sementara Daop 6 hanya melayani perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) dan KA Angkutan Barang. Saat ini hanya tersisa 8 perjalanan KA Lokal Prameks yang masih tetap beroperasi seperti biasa untuk mengakomodir perjalanan penumpang yang terdapat kepentingan mendesak atau memiliki pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan.

Adapun KA Prameks yang masih beroperasi antara lain 4 perjalanan relasi Yogyakarta – Solo Balapan dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta pukul 05.15, 08.20, 12.05, 15.55, serta 4 perjalanan relasi Solo Balapan – Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan pukul 06.35, 09.50, 14.20, 18.12.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang selama ini telah mempercayakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan utama dan kami memohon maaf kepada penumpang yang perjalanan mudiknya tertunda. Langkah ini dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19 pada masa angkutan Lebaran 2020,” tandas Eko.


Gading Persada

3 KOMENTAR