SM/Ist - CONTOH WA : Salah satu contoh bentuk penipuan yang mengatasnamakan Bupati Purworejo.

PURWOREJO, SM Network – Nama Bupati Purworejo RH Agus Bastian dicatut untuk penggalangan dana oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Modus operandinya dengan cara memfaatkan aplikasi whatshap (WA) dengan status foto Bupati Purworejo RH Agus Bastian.

Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo, Rita Purnama dalam siaran pressnya menyatakan bahwa tindakan itu tidak benar. Untuk itu, warga masyarakat diminta untuk berhati-hati terkait adanya penipuan dengan modus operandi mencatut nama dan foto Bupati Purworejo HR Agus Bastian.

“Itu semua tidak benar, Pak Bupati tidak pernah melakukan chat untuk meminta atau menjanjikan sesuatu,” tandas Rita, Jumat (5/3).

Dijelaskan bahwa dalam menjalankan aksinya, pelaku penipuan memanfaatkan aplikasi Whatshapp (WA), dengan memajang foto Bupati Agus Bastian dalam foto profil WA-nya.

“Nomer yang digunakan berbeda-beda, namun foto profilnya memakai foto Pak Bupati,” kata Rita.

Menurutnya, sudah ada sejumlah pihak yang dihubungi pelaku via chat WA. Untunglah mereka segera mengkonfirmasi ke atasannya, sehingga tidak sampai tertipu.

“Ya mudah-mudahan belum ada dan jangan sampai ada yang menjadi korban, ” harapnya.

Di sisi lain, ia menghimbau masyarakat Purworejo dalam menyampaikan aspirasi, pengaduan dan sejenisnya, bisa melalui sarana yang sudah disiapkan dan sudah berjalan. Yaitu aplikasi pengaduan PORJO dan aplikasi PORJO Smart City.

“Kedua aplikasi tersebut dapat diunduh di play store,” katanya.

Selain itu bisa melalui juga bisa melalui media sosial yang dimiliki Pemkab Purworejo baik di Facebook, Instagram maupun Twitter. Atau bisa melalui SMS dan WA di 0821 4027 3000, serta aplikasi Lapor Gub dan SP4an Lapor.

“Kesemuanya sudah terintegrasi dan maksimal 3×24 jam sudah ditanggapi,” jelasnya.