Hati-Hati, Banyak Ditemukan Sapi Terjangkit Brucellosis

WONOSOBO, SM Network – Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (Dispaperkan) Kabupaten Wonosobo setidaknya telah menemukan tiga kasus sapi terjangkit bakteri brucellosis. Bakteri tersebut merupakan bakteri menular yang bisa menggugurkan kandungan pada hewan bahkan bisa menular pada manusia.

“Pada tahun 2019 ditemukan empat kasus yang terjangkit bakteri brucellosis, namun ditahun ini, meski belum genap dua bulan berjalan, sudah ditemukan tiga kasus, dan semuanya telah dimusnahkan untuk mencegah penyebaran bakteri menular itu,” ungkap Dokter Hewan Dispaperkan Wonosobo, Heri Kuswanto saat ditemui di kantornya baru-baru ini.

Bakteri brucellosis tersebut merupakan bakteri menular yang menyerang sapi betina khususnya pada sapi perah. Bakteri ini dapat menyebabkan keguguran pada hewan dan juga manusia.

“Bakteri ini merupakan bakteri yang menular, baik dari hewan ke hewan maupun dari hewan ke manusia. Untuk penularan ke manusia biasanya lewat konsumsi daging yang telah terjangkit bakteri itu. Untuk di Wonosobo sendiri belum ditemukan kasus keguguran yang disebabkan oleh bakteri tersebut, namun untuk hewan sering terjadi. menurut jurnal yang saya baca, sudah terdapat beberapa kasus keguguran yang terjadi akibat bakteri brucellosis pada sapi perah,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli daging sapi yang telah terjangkit penyakit, baik brucellosis maupun penyakit pada hewan yang lain. Selain, untuk menghindari penyakit pada manusia, denga membeli daging yang sehat bisa menghentikan penyebaran penyakit.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispaperkan Wonosobo, Sidiq Driyono mengatakan, untuk mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh hewan ternak seperti brucellosis dan anthrax pihaknya memperketat jalur perdagangan hewan ternak di sejumlah pasar hewan yang ada di Wonosobo.

“Vaksinasi dan pemusnahan hewan ternak yang terjangkit kita lakukan untuk menghindari penyebaran bakteri. Tiga hewan yang ditemukan terjangkit brucellosis di tahun ini semuanya juga telah kita musnahkan,” terangnya.


Adib Annas M

2 Komentar

  1. 743409 117796What a lovely weblog page. I will certainly be back once more. Please maintain writing! 9145

  2. 945978 710018Its truly a good and valuable piece of info. Im glad that you just shared this valuable info with us. Please maintain us informed like this. Thanks for sharing. 376746

Tinggalkan Balasan