Hasil Swab Keluar, PDP Yang Meninggal Positif Covid-19

PURWOREJO, SM Network – Salah seorang pasien dalam pengawasan (PDP/suspek) Covid-19 di Purworejo yang meninggal dunia beberapa hari lalu, ternyata menunjukkan positif Covid-19. Kepastian itu diketahui setelah keluarnya hasil uji swab pada Minggu (26/7).

Hal itu disampaikan Juru Bicara Protokol Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin. PDP atau suspek yang meninggal tersebut merupakan perempuan berusia 65 tahun, tercatat sebagai warga Kulon Progo namun sudah lama tinggal di Desa Brenggong, Kecamatan Purworejo. Ia merupakan ibu rumah tangga yang memiliki hobi travelling.

“Dengan demikian sejak kasus Covid-19 muncul di Purworejo, baru kali ini ada yang meninggal dunia. Itupun meninggal dengan komorbid (penyakit bawaan) kencing manis (diabetes melitus) tak terkontrol,” ungkapnya.

Pasien meninggal tersebut, lanjutnya, hasil swabnya memang baru keluar hari ini (Minggu, 26/7) di tambah satu kasus terkonfirmasi positif yang merupakan seorang laki-laki 48 tahun warga Desa Bulus, Kecamatan Gebang yang merupakan pedagang Pasar Suronegaran dan Pasar Baledono. Dengan demikian ada penambahan dua kasus terkonfirmasi positif.

“Kami akan terus melakukan tracing, untuk mengetahui orang-orang yang memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19, untuk selanjutnya kita lakukan uji swab terhadap mereka. Sehiggga diharapkan bisa melokalisir penyebaran virus,” ujarnya.

Tolkha menambahkan, selain penambahan kasus terkonfirmasi positif, hasil swab yang keluar hari ini juga menunjukkan ada 2 orang yang dinyatakan sembuh. Keduanya merupakan warga Kecamatan Purwodadi.

“Berdasarkan data, total terkonfirmasi positif Kabupaten Purworejo 121 orang, 77 telah sembuh dan yang dirawat di rumah sakit ada 3, 40 isolasi mandiri, dan 1 meninggal dunia,” imbuhnya.


Panuju Triangga

Tinggalkan Balasan