Hasil PCR Belum Keluar, Paslon Tetap Bisa Mendaftar

SLEMAN, SM Network – Pasangan Sri Muslimatun dan Amin Purnama, batal memasukkan berkas persyaratan ke KPU Sleman pada hari pertama pendaftaran, Jumat (4/9). Alasannya karena belum ada hasil swab yang merupakan salah satu syarat pencalonan Pilkada 2020.

Ketua DPD Golkar Sleman Janu Ismadi mengatakan, pendaftaran rencananya akan diundur Sabtu (5/9). “Jamnya belum tahu. Nanti kalau sudah siap semua persyaratan, akan saya kabari,” katanya.

Bakal paslon Muslimatun dan Amin Purnama baru melakukan tes swab Covid-19 di RSUP Sardjito pada Jumat (4/9). Jika tidak ada aral melintang, hasilnya bisa keluar pada hari yang sama. Dikonfirmasi terkait hal ini, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sleman Noor Aan Muhlishoh menjelaskan, pendaftaran sebenarnya tetap bisa dilakukan meski hasil tes PCR Covid-19 belum keluar.

“Bisa mendaftar tanpa kehadiran bakal calon. Namun harus melampirkan surat keterangan dari rumah sakit bahwa hasil swab belum keluar,” katanya.

Syarat PCR sudah diatur dalam PKPU Nomer 10 Tahun 2020. Di aturan itu disebutkan salah satu persyaratan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan adalah bakal paslon harus dinyatakan negatif swab. Hasilnya kemudian diserahkan saat pendaftaran ke KPU. Namun apabila hasil PCR positif, tidak lantas menggugurkan pencalonan.

“Kalau hasilnya positif, maka paslon atau salah satunya harus melakukan pengobatan sebagaimana yang diatur seperti karantina, dan sebagainya. Setelah itu tes lagi, jika hasilnya negatif baru prosesnya dilanjutkan seperti pemeriksaan kesehatan, dan verifikasi administrasi,” beber Aan.

Saat rakor bersama parpol tanggal 1 September lalu, imbauan untuk melakukan tes swab sudah disampaikan. Namun waktu iu sifatnya masih sebatas imbauan karena PKPU yang mengatur hal tersebut belum turun. Aturan baru turun dua hari setelahnya, yang kemudian ditindaklanjuti menyampaikannya ke parpol dan bakal paslon. “Kami bersurat tanggal 2 September tapi sebelumnya, waktu sosialisasi sudah diimbau agar swab,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan