Hari Pertama Rapid Test Penumpang Jarak Jauh Nonreaktif

YOGYAKARTA, SM Network- Dua stasiun besar di wilayah Daop 6 Yogyakarta, Stasiun Tugu Jogja dan Stasiun Solobalapan, mulai melayani rapid test bagi calon penumpang kereta jarak jauh. Pada hari pertama rapid test (30/7), tidak ditemukan satu calon penumpang yang reaktif usai jalani tes cepat Covid-19 itu. “Alhamdulilah hasil rapid test kemarin (30/7), nonreaktif semuanya,” tutur Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Jumat (31/7).

Dia menyebutkan, pada hari pertama rapid test dilakukan di Stasiun Tugu ada 104 calon penumpang kereta jarak jauh yang menjalani pemeriksaan. Hasilnya nonreaktif semuanya. Kemudian di Stasiun Solobalapan juga serupa, dimana dari 50 calon penumpang jarak jauh, hasil rapid test nonreaktif.

“Rapid test ini harganya sangat terjangkau calon penumpang kereta jarak jauh sebagai syarat mereka bepergian. Rapid test kami lakukan terus hingga ada keputusan pencabutan selanjutnya,” tutur dia.

Sebelumnya, Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta Asdo Artriviyanto pada pembukaan pelayanan Rapid Test di Stasiun Tugu mengungkapkan, layanan tes cepat di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solobalapan disediakan untuk lebih memudahkan pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (ABK). Pada Agustus ini pun secara bertahap beberapa perjalanan KA yang sempat berhenti operasi akibat adanya pandemi Covid-19 juga akan kembali beroperasi meskipun belum seluruh KA dijalankan.

“Kami berharap pelanggan kereta api dapat memaksimalkan layanan rapid test dengan harga terjangkau yang telah tersedia di stasiun ini,” sambung dia.

Asdo menambahkan perjalanan KA jarak jauh sesuai SE Gugus Tugas Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020 masih mensyaratkan penumpang untuk membawa surat bebas Covid-19 dari hasil PCR yang masih berlaku 14 hari sejak diterbitkan, atau boleh surat keterangan sehat bebas influenza like ilness yang dikeluarkan dokter rumah sakit atau puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas rapid test.

leh karena itu, pihaknya menyelenggarakan layanan Rapid Test dengan harga terjangkau di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solobalapan untuk memudahkan calon penumpang yang akan menggunakan KA. Layanan Rapid Test ini tersedia dengan jam pelayanan mulai pukul 07.00 s.d 19.00. Pelanggan yang berhak melakukan Rapid Test di stasiun ini diharuskan memiliki kode booking tiket KA Jarak Jauh.

“Penyediaan layanan Rapid Test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api. Dengan hadirnya layanan ini, diharapkan mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan,” tandas dia.


Gading Persada

Tinggalkan Balasan