Hari Perempuan Internasional di Yogyakarta

JOGJAKARTA, SM Network – International Womens Day (IWD) atau Hari Perempuan Internasional diperingati seluruh perempuan di dunia setiap tanggal 8 Maret. Hari tersebut di mana seluruh dunia merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya dan politik perempuan. Hari itu juga menandai seruan untuk bertindak untuk mempercepat kesetaraan gender.

SM/Dananjoyo Kusumo

Terkait Hari Perempuan Internasional, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mencatat sepanjang tahun 2020 terdapat 14.821 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang dilaporkan.

Kasus kekerasan terhadap perempuan dewasa dengan korban berjumlah 6.389 orang dan 8.432 kasus kekerasan terhadap anak dengan korban anak laki-laki sejumlah 2.748 orang dan anak perempuan sejumlah 6.489 orang.

SM/Dananjoyo Kusumo

Sementara itu aktivis di Yogyakarta yang tergabung dalam yang tergabung dalam kesatuan perjuangan rakyat melakukan aksi damai untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di kawasan Bundaran UGM, Sleman, D.I Yogyakarta, Senin (8/3).

Aksi yang diikuti ratusan peserta tersebut berkumpul di kawasan Bundaran UGM, Sleman, kemudian mereka melakukan berjalan melakukan aksi long march menuju pertigaan Gejayan.

Sesampainya di lokasi mereka duduk berjaga jarak membentuk lingkaran sambil mendengarkan orasi yang dilakukan oleh perwakilan peserta aksi.

Mereka melantangkan penolakan kekerasan terhadap perempuan dan menyuarakan kesetaraan gender serta menyampaikan aspirasi para perempuan seperti pengesahan RUU PKS dan perlindungan hak kesehatan reproduksi perempuan serta penuntasan kasus pelecehan dan kekerasan seksual.

Tinggalkan Balasan