Hadapi Pandemi, Anggota DPR Dorong Kestabilan Sektor Pangan

PURWOREJO, SM Network – Menghadapi pandemi Covid-19 yang masih belum reda dan belum tahu kapan berakhir, Anggota DPR RI Dapil Jateng VI, Vita Ervina, mendorong pentingnya menjaga kestabilan sektor pangan. Generasi muda juga diajak kembali menggeluti bidang pertanian, apalagi saat ini sudah ada teknologi mekanisasi yang memudahkan petani.

“Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum reda dan belum tahu sampai kapan akan berakhir, tentu menjaga kestabilan sektor pangan menjadi sangat penting. Kita berharap kegiatan ekonomi pertanian dapat terus berjalan dan perlu diperkuat lagi agar dapat menopang ketahanan pangan,” kata Vita saat kunjungan reses dan penyerahan simbolis bantuan aspirasi alat mesin pertanian (alsintan) Kementerian Pertanian di Desa Pringgowijayan, Kecamatan Kutoarjo, Purworejo, Selasa (4/8) sore.

Purworejo, lanjutnya, merupakan daerah penyangga pangan Jawa Tengah bagian selatan, namun semakin kesulitan mendapat tenaga kerja di bidang pertanian. Oleh karena itu, ia menggugah anak muda untuk kembali ke pertanian. Jumlah terbanyak tenaga kerja pada sektor tanaman pangan adalah petani berusia lebih kurang 60 tahun, kemudian disusul usia antara 40-45 tahun.

“Maka mewakili generasi muda, saya mengajak anak muda untuk mau turun ke bidang pertanian, menjadi petani milenial,” tutur anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut.

Bukan melulu soal kotor-kotoran, bukan melulu kerja banting tulang, sudah ada teknologi mekanisasi yang lebih memudahkan dan efisien. Pada kesempatan itu Vita juga mendorong para kepala desa yang hadir untuk bersama mengajak pemuda pemudi melalui Karang Taruna yang ada di desa, untuk membiasakan bekerja di sektor pertanian.

“Dengan teknologi mekanisasi yang lebih memudahkan serta diharapkan memberikan keuntungan ekonomis yang lebih riil dan terukur, semoga menarik minat kaum muda mau menggeluti bidang pertanian, yang selama ini didominasi oleh usia tua,” katanya.

Untuk menyebarluaskan mekanisasi pertanian dalam upaya mempercepat cara kerja petani dan meningkatkan produksi pangan secara nasional, pemerintah memiliki program bantuan alsintan, termasuk bantuan aspirasi alsintan Kementerian Pertanian. Menurut Vita, alsintan yang sebagian sudah turun di Dinas Pertanian dan beberapa akan segera turun, merupakan alat penunjang utama produksi tanaman pangan baik padi maupun jagung.

Bantuntuan alsintan tersebut diserahkan secara simbolis bagi 28 kelompok tani dari sejumlah desa di Kecamatan Kutoarjo, Butuh, Bayan, dan Kemiri. Alsintan pra dan paska panen yang akan diterima kelompok-kelompok tani meliputi hand traktor 8 unit, cultivator 2 unit, power thresher 1 unit, corn sheller 2 unit, pompa air 7 unit, dan handspayer 8 unit.

“Bantuan alsintan yang segera akan diterima oleh Bapak-Bapak Kelompok Tani agar benar-benar dimanfaatkan secara maksimal, sehingga bisa bermanfaat dalam menunjang produktifitas pertanian. Harapannya tentu dengan bantuan teknologi alsintan yang tepat guna, akan lebih hemat, mampu menekan ongkos produksi dan lebih cepat dalam proses menanam, dan meningkatkan efisiensi serta kualitas produksi pertanian,” imbuhnya.

Kepala Desa Pringgowijayan, Supriyono, mengungkapkan kelompok tani di desanya mendapatkan bantuan satu unit traktor roda dua yang memang menjadi usulan dari petani di desanya. Selama ini para petani di desanya sering mengalami keterlambatan saat musim tanam karena kekurangan ketersediaan mesin traktor. “Jadi bantuan ini sangat bermanfaat untuk warga Desa Pringgowijayan,” katanya.


Panuju Triangga

7 Komentar

  1. I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this web site is in fact pleasant.

  2. Your site is very helpful. Many thanks for sharing!

  3. 114177 558612Some truly good and utilitarian info on this internet website , besides I believe the layout holds great features. 217523

  4. 575157 415116There is noticeably a bundle comprehend this. I suppose you produced specific good points in functions also. 414921

  5. 418083 8432i would have to make far more christmas cards becuase next month is december already- 351482

Tinggalkan Balasan