Prosesi khataman Alquran 30 juz di Rumah Dinas Wakil Bupati Wonosobo.

WONOSOBO, SM Network – Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar menggelar Khataman dan semaan Alquran 30 juz, usai dilantik sebagai Wakil Bupati, Jumat lalu. Acara digelar di Rumah Dinas Wakil Bupati Wonosobo, Sabtu (27/2).


Acara yang sama juga telah digelar di Rumah Dinas Bupati Wonosobo, Kamis (25/2), atau sehari sebelum pelantikan Bupati dan Wakil Bupati. Pembacaan Alquran 30 juz dilakukan tiga hafidz dan khafidzoh. Mereka adalah K Arif Romadhon Al Hafidz, K Slamet Choiri Muttaqin Al Hafidz dan Nyai Maryatul Kiptiyah Al Hafidzoh, yang juga Sekretaris PC Fatayat NU setempat.


Masing-masing hafidz/hafidzoh membaca Alquran 10 juz, dalam waktu setengah hari. Sedangkan 15 santri Dr KH Muchotob Hamzah MM dari Kalibeber, Mojotengah, menyimak khataman.

Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar mengatakan, akan menjadikan Pendapa Wakil Bupati menjadi rumah bersama bagi siapa pun. Warga diperkenankan untuk melakukan kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan di tempat itu.


”Pada momen tertentu, seperti Hari Jadi, HUT Kemerdekaan RI atau hari-hari besar lainnya, Pendapa Bupati dan Wakil Bupati silakan dimanfaatkan untuk khataman, shalawatan dan mujahadah bersama,” ajaknya.


Pihaknya sengaja mengawali hari-hari pertama menjabat sebagai Wakil Bupati Wonosobo, dengan melakukan khataman dan mujahadah besama di rumah dinas.


Hal itu, menurut Gus Albar, demikian dia kerap disapa, sebagai ikhtiar untuk mendapatkan berkah dan dimudahkan dalam segala urusanya, ketika memimpin Wonosobo bersama Bupati Afif Nurhidayat.


”Wonosobo itu merupakan kota santri. Maka segala aktivitas pemerintahan dan kemasyarakatan, harus diwarnai dengan suasana spiritualitas,” ujar mantan Wakil Ketua DPRD dan Ketua DPC PKB Wonosobo itu.