Gugatan Paslon No 2 Ditolak MK, Paslon No 3 Melenggang Ke Kursi Bupati Dan Wakil Bupati Purworejo


PURWOREJO, SM Network – Pasangan calon nomer urut 3 RH Agus Bastian-Hj Yuli Hastuti sudah bisa dipastikan melenggang ke kursi Bupati dan Wakil Bupati yang kedua kalinya.

Kepastian ini setelah gugatan dari paslon nomer urut 2 Kuswanto-Kusnomo ditolak Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang pleno terbuka Penetapan Hasil Pemilu Kepala Daerah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah melalui daring, Senin (15/2).

Sidang pleno dipimpin oleh Anwar Usman (ketua merangkap anggota) dengan para anggota Aswanto, Wahidudin Adams, Enny Nurbaningsih, Suhartoyo, Daniel Yusmic P, Arief Hidayat, Manahan Sitompul, Saldi Isra dan Panitera Pengganti (PP) Wilma Silalahi.

Dalam amar putusan perkara nomer 29/PHP.Bup XIX/2021, Majelis Hakim Konstitusi menyatakan bahwa, permohonan pemohon Paslon Kuswanto-Kusnomo tidak dapat diterima.

“Berdasarkan penilaian atas fakta dan hukum sebagaimana diuraikan, Mahkamah Konstitusi berkesimpulan bahwa eksepsi termohon dan pihak terkait mengenai kewenangan Mahkamah tidak beralasan menurut hukum. Mahkamah berhak mengadili perkara a quo,” kata Ketua Majelis Hakim, Anwar Usman saat membacakan putusan secara bergantian dengan Hakim Enny Nurbaningsih.

Dalam konklusinya, Majelis juga beranggapan bahwa eksepsi termohon dan pihak terkait mengenai tenggang waktu pengajuan permohonan beralasan menurut hukum.

Majelis Hakim pun menyatakan, permohonan pemohon telah melewati tenggang waktu yang diberikan oleh undang-undang, sehingga eksepsi lain dari termohon dan pihak terkait serta kedudukan hukum dan pokok permohonan pemohon dan hal-hal lain tidak dipertimbangkan lebih lanjut.

“Mengadili dalam eksepsi, satu menyatakan eksepsi termohon dan pihak terkait berkenaan dengan tenggang waktu permohonan beralasan menurut hukum. Kedua, menyatakan permohonan pemohon melewati tenggang waktu pengajuan permohonan,” kata Anwar.

Selanjutnya, dalam pokok permohonan Majelis Hakim Konstitusi menyatakan bahwa permohonan pemohon tidak dapat diterima.

Sementara itu, Ketua KPU Purworejo, Dulrokhim ketika dikonfirmasi, Selasa (16/2) membenarkan kalau sengketa Pilkada Kabupaten Purworejo telah selesai di MK.

Pihaknya akan menindaklanjuti hasil keputusn MK dengan
menggelar rapat pleno terbuka penetapan pemenang Pilkada Purworejo.

“Kami akan segera tindaklanjuti. Kami akan mengadakan rapat pleno terbuka dengan agenda penetapan paslon terpilih yakni paslon nomor 3 Agus Bastian – Yuli Hastuti sebagai pemenang Pilkada Purworejo. Rencana, kami gelar besok (Kamis, 17/2-red),” kata Dulrokhim.

Dikatakan, rencananya rapat pleno penetapan akan digelar di Hotel Plasa dengan mengundang tiga paslon Bupati-Wakil Bupati, forkopimda, Bawaslu serta pihak terkait.

“Hasil rapat pleno itu, nantinya kita kirim ke DPRD Kabupaten Purworejo. Kemudian akan diusulkan oleh DPRD Kabupaten Purworejo ke Mendagri melalui gubernur untuk dilakukan pelantikkan,” katanya.

Tinggalkan Balasan