Gua Semar, Tempat Soeharto Bersemedi

Dieng tak hanya dikenal sebagai dataran tinggi yang menyimpan berbagai panorama nan indah, berbagai misteri bersejarah juga tersimpan di dataran dengan julukan negeri di atas awan ini. Berbagai macam julukan tersemat di dataran tinggi tersebut, mulai dari Eropanya Indonesia sampai negeri para Dewa.

Selain ingin menikmati indahnya alam Dieng, tak sedikit wisatawan yang ingin bertandang ke Dieng untuk menengok tempat wisata yang memiliki cerita mistis didalamnya. Salah satunya, Gua Semar yang berada di Kompleks Telaga Warna. Tokoh Nasional yang pernah menyambangi Gua ini salah satunya adalah Presiden ke 2 Indonesia, yakni Soherto.

Lokasi yang dipercaya menjadi istana terakhir Mandala Sari alias Semar tersebut disambangi Soeharto dalam lawatanya ke Dieng untuk bersemedi atau bermediasi. Di Gua itu juga Semar bersemedi abadi setelah pertapaanya diberbagai tempat. Hal itu dikatakan Juru kunci tempat tersebut, Rusmanto yang telah 20 tahun menjaga Gua itu. Tak hanya Soeharto, tokoh Nasional lain seperti Soekarno menurut Rusmanto juga pernah singgah ditempat tersebut.

“Banyak pejabat yang pernah singgah disini, di tempat ini juga Soharto mendapat wangsit untuk menjadi pemimpin,” terangnya.

Dibawah bangunan semacam pendapa, Rusmanto duduk bersimpuh menjaga gua yang cukup sakral dikalangan masyarakat setempat. Tak jarang wisatawan datang dari luar kota untuk sekadar berdoa ataupun menenangkan diri di Gua yang berukuran tidak begitu besar itu. Wisatawan yang ingin masuk Gua disuguhkan dengan ukiran ornamen batik Jawa yang menambah kesan mistik tempat tersebut. Dengan menyusuri beberapa anak tangga dengan lorong yang gelap dan sempit, wisatawan bisa langsung menuju ke ujung Gua.

Bau dupa begitu menyengat dihidung saat kaki mulai melangkahkan kaki di mulut gua. Dengan sedikit teteasan air dari dinding Gua, wisatawan yang ingin masuk lebih dalam harus merangkak karena sempitnya dinding Gua. Dari dinding sempit itu terlihat cahaya lilin disebuah bejana lengkap dengan dupa ditengahnya. Ditempat itulah wisatawan yang ingin berdoa maupun menenangkan diri singgah. T

ak hanya umat Hindu yang berdoa ditempat tersebut, umat dari agama lain juga kerap berdoa ditempat itu untuk mencari ketenangan dalam berdoa untuk tuhanya. Di komplek Telaga Warna juga terdapat beberapa Gua lain seperti Gua Sumur dan Gua Pengantin.

“Kadang juga ada orang yang meminta pesugihan di tempat ini, tapi bukan di Gua Semar, karena Gua Semar untuk berdoa supaya lebih dekat dengan tuhan, bukan untuk pesugihan,” jelasnya.


Adib Annas M

1 Komentar

  1. 421650 315849This website is my inhalation, really great layout and Perfect written content. 130157

Tinggalkan Balasan