Golkar Merapat ke Poros Muslimatun di Pilkada Sleman

SLEMAN, SM Network – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman tahun 2020 hampir dapat dipastikan bakal diikuti tiga pasangan calon (paslon). Setelah muncul nama pasangan Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa, politisi senior Partai Gerindra Danang Wicaksana Sulistya juga siap mewarnai perhelatan Pilkada dengan menggandeng Ketua DPC PKB Sleman Agus Kholik.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Danang Wicaksana diusung oleh empat parpol yakni Gerindra, PKB, PPP, dan Golkar. Namun saat konferensi pers pengumuman nama paslon, Kamis (27/8) malam, Golkar tidak hadir. Saat dikonfirmasi, Ketua DPD Golkar Sleman Janu Ismadi mengaku tidak ada pembahasan terkait pengusungan Danang Wicaksana dan Agus Kholik.
“Sebelumnya sudah ada kesepakatan untuk nama calon bupati dan wakil bupati akan dibahas bersama antar partai. Tapi ini tahu-tahu muncul nama itu, kami merasa ditinggalkan,” kata Janu, Jumat (28/8).

Golkar pun berubah haluan. Partai berlambang pohon beringin ini memilih merapat ke poros Nasdem dan PKS, yang sudah sepakat mencalonkan Wabup incumbent, Sri Muslimatun sebagai bupati. Dari sisi Golkar sendiri, kata Janu, melihat Muslimatun sebagai sosok yang layak untuk dicalonkan sebagai pemimpin Sleman.

Saat ini, Golkar yang memiliki 5 kursi di parlemen masih mencari kandidat yang pas sebagai calon Wakil Bupati. Beberapa nama seperti Amin Purnomo, Sadar Narima, dan Reno Chandra Sangaji akan disodorkan ke partai koalisi, dan bakal calon Bupati. “Harapan kami, minggu ini sudah ada kepastian nama cawabup,” katanya.

Ketua DPD Nasdem Sleman Surana mengatakan, pihaknya masih terus menjalin komunikasi dengan partai lain termasuk PPP. Mengingat, koalisi antara Nasdem dan PKS saja belum mampu untuk mengusung paslon. Jika digabung, jumlah kursi kedua partai itu hanya ada 9 sedangkan persyaratan pendaftaran paslon adalah memiliki dukungan paling sedikit 10 kursi di parlemen.

Poros Nasdem-PKS menawarkan kepada partai yang bergabung akan mendapat jatah calon wakil bupati. “Nasdem dan PKS sepakat mengusung cabup yaitu Sri Muslimatun. Untuk posisi cawabup diberikan kepada partai lain yang berkoalisi dengan kami,” ujarnya.

1 Komentar

  1. 119232 947024My brother suggested I would possibly like this blog. He was once entirely right. This submit actually made my day. You cant believe just how so much time I had spent for this details! Thank you! 39611

Tinggalkan Balasan