SM/Arif Widodo - DIVAKSIN : Camat Prembun Akhmad Ngaisom divaksin.

PREMBUN, SM Network – Setelah Kecamatan Alian melaksanakan vaksinasi pencegahan Covid-19, kini giliran wilayah ujung Timur Kebumen yakni Kecamatan Prembun. Vaksinasi untuk dosis pertama itu menyasar sebanyak 586 orang dari beberapa instansi. Di antaranya Kantor Kecamatan Prembun, Dinsos dan PPKB, Korwil Bidik, BKK Prembun, UPK Prembun dan Pemdes se-Kecamatan Prembun.

“Semua guru di wilayah Prembun juga mengikuti vaksinasi ini. Mereka sangat antusias,” kata Camat Prembun, Akhmad Ngaisom yang ikut divaksin saat pelaksanaan di pendapa kecamatan setempat, kemarin. Tampak antrean dari para peserta yang dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Prembun dr Wahyudi menyampaikan beberapa peserta penerima vaksin ada yang tidak lolos skrining. Saat ditanya penyebabnya, Wahyudi menyampaikan karena tensi yang tinggi dan sedang hamil.

“Selain ada yang tidak lolos skrining, beberapa juga ada yang tidak hadir, sehingga gagal divaksin,” ungkapnya sembari mengawal jalannya vaksinasi yang ditangani tenaga medis Puskesmas Prembun hingga selesai pada sore itu.

Wahyudi menjelaskan, bagi yang belum lolos pada tahap skrining dan belum hadir dapat mengikuti vaksin susulan. Waktunya pada 31 Maret 2021 mendatang, saat pelaksanaan vaksinasi tahap dua. Pihaknya menekankan agar peserta penerima vaksin harus mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen yaitu terlebih dahulu wajib mengisi lembar skrining.

Setelah itu menuju meja I untuk melakukan pendaftaran, meja II untuk cek lembar skrining, meja III untuk menerima vaksinasi dan menuju meja IV untuk pencatatan dan observasi. “Pelaksanaan vaksinasi kali ini berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Untuk tahap vaksinasi kedua nanti diharapkan juga berjalan lancar” ucapnya.