Gerakkan Transaksi Digital, BPD DIY Dukung Festival Sumonar

YOGYAKARTA, SM Network – Festival Seni Cahaya paling bergengsi di Asia Tenggara, Sumonar tetap dihelat di masa pandemi Covid-19 ini. Mengusung tema Mantra Lumina, Sumonar 2020 diselenggarakan secara virtual sejak Rabu (5/8) lalu hingga Kamis (13/8) mendatang. Account Representative Sumonar 2020, Aan Fikriyan menyebut, festival ini jadi sebuah peristiwa yang tidak biasa karena berlangsung di tengah pandemi. Alih-alih, kondisi wabah membuat identitas Yogyakarta kian tumbuh dan berkembang. Sumonar 2020 inipun dapat diakses oleh penonton dari berbagai belahan negara.

“Yang menarik, ada dukungan dari Bank BPD DIY sehingga memudahkan kami berproses,” ucapnya.
Seniman yang terlibat dalam festival tidak hanya datang dari Indonesia tapi juga mancanegara. Karya-karya mereka ditampilkan dalam program interactive light art installation, dan architectural projection mapping.

Bank BPD DIY turut berpartisipasi pada perhelatan Sumonar 2020. Selain program promosi pembelanjaan dan transaksi mobile, bank tersebut juga memberi kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses festival secara khusus di Digital Lounge Malioboro.

Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rahmad menjelaskan, keterlibatan dalam festival ini karena disadari bahwa Bank BPD DIY bukan leader di bidang IT. Selama ini, proses kreatif IT BPD DIY dibatasi oleh regulasi.

“Tahun 2015 kami berproses, dan baru bisa implementasi teknologi pada tahun 2017 setelah buku dua. Karena itu, perlu untuk mengejar ketertinggalan tersebut salah satunya lewat dukungan terhadap event semacam ini,” ujarnya.

Alasan lain yang mendorong BPD ikut terlibat adalah harapan untuk menumbuhkan ekonomi di Yogyakarta. Mengingat, Sumonar adalah satu-satunya festival yang digelar di masa pandemi ini. Sehingga diharapkan mampu menarik minat wisatawan.

“Dengan adanya pandemi ini, justru digitalisasi semakin tumbuh subur. Jika ekosistem digital sudah tercipta di Yogyakarta, kami akan ikut senang karena bisa transaksi ke level nasional bahkan internasional,” tandasnya.


Amelia Hapsari

5 Komentar

  1. Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

  2. I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this web site is in fact pleasant.

  3. Your site is very helpful. Many thanks for sharing!

Tinggalkan Balasan