Gempa Guncang Tiga Wilayah di DIY

YOGYAKARTA, SM Network – Gempa tektonik berkuatan M 4,7 mengguncang wilayah DIY pada Kamis (24/9) pukul 20.20 WIB. Gempa melanda tiga wilayah di provinsi ini yakni Gunungkidul, Bantul, dan Yogyakarta. Hasil analisis BMKG menunjukkan, episenter gempa berlokasi di laut pada jarak 72 km barat daya Pacitan, Jawa Timur dengan kedalaman 24 km.

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo Australia,” kata Kepala Stasiun Geofisika Sleman Yogyakarta Agus Riyanto, Kamis (24/9).

Goncangan gempa dirasakan cukup keras oleh sebagian warga. Jika diukur, skala getarannya II-III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan gempa tidak berpotensi tsunami, dan tanpa disertai gempa susulan. Tidak ada pula laporan kerusakan akibat fenomena alam tersebut.

Dua hari sebelumnya, gempa tektonik melanda wilayah Wonogiri, dan Pacitan. Gempa dilaporkan terjadi pada Selasa (22/9) pukul 08.39 WIB dengan kekuatan M 4,3. Episenter gempa terletak di laut berjarak 56 km Tenggara Pacitan pada kedalaman 10 km. Sama halnya, jenis gempa adalah dangkal yang diakibatkan aktivitas subduksi lempeng Indo Australia.
“Kami imbau warga tetap tenang. Pastikan tempat tinggal cukup tahan terhadap gempa,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan