Gelora Sanden Mendapat Sentuhan Seni Mural

MAGELANG, SM Network – Ada nuansa berbeda di area Gelora Sanden, Kelurahan Kramat Selatan Kota Magelang. Dalam rangka menuju masa kenormalan baru (new normal), pengelola memberi sentuhan seni mural pada salah satu ikonnya, yakni tulisan GOR Samapta.

Kepala UPT Gelora Sanden Kota Magelang, Bayu Saputro mengatakan, kawasan Gelora Sanden memiliki spot-spot ikonik yang menarik perhatian masyarakat. Di antaranya bangunan bertuliskan dr Moch Soebroto yang merupakan nama stadion kebanggaan warga Kota Sejuta Bunga.

emudian bangunan bertuliskan Gor Samapta. Kedua bangunan berbentuk tulisan ini terbuat dari beton dan pada awal mula hanya dicat warna standar putih. Lalu, inspirasi muncul untuk mengecat kembali bangunan ikonik ini dengan warna yang berbeda, bahkan sekalian dihias seni mural.

Tulisan nama stadion kita cat berwarna orange. Warna ini merupakan warna khas klub lokal Magelang yang memiliki banyak penggemar. Lalu tulisan GOR Samapta kita hias sekalian dengan seni mural, yang gambarnya merupakan ciri khas Kota Magelang,” ujarnya. Dia menuturkan, dimuralnya spot ikonik ini sekaligus memfasilitasi kreativitas seniman muda. Utamanya muralist (seniman mural) yang justru banyak berkarya di luar Magelang dibanding di dalam kota.

Kita ajak anak muda ini untuk menghias bangunan ikonik dengan gambar-gambar menarik. Gambarnya jelas yang menggambarkan Kota Magelang, seperti gunung tidar, water toren, tentara, beragam bunga, dan lain sebagainya,” katanya. Dimuralnya bangunan ikonik ini, ia berharap kawasan Gelora Sanden makin diminati masyarakat baik untuk berolahraga, berkesenian, maupun sekadar berfoto-foto. Meski di masa pandemi Covid-19 kegiatan di area dalam GOR dan stadion dihentikan, tapi tidak menyurutkan masyarakat untuk datang.

“Kegiatan di area dalam masih kita tutup untuk umum. Tapi, masyarakat yang ke Gelora Sanden sudah ramai, terutama di area luar baik yang berolahraga joging, sepeda, maupun hanya jalan-jalan sambil foto-foto. Nah, tulisan GOR yang dimural ini bisa jadi spot swafoto menarik,” jelasnya.

Bayu menambahkan, pihaknya berencana akan membuka kembali fasilitas olahraga di area Gelora Sanden untuk umum. Pihaknya pun tengah menyiapkan aturan dan prosedur protokol kesehatan menjelang pembukaan tersebut sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kita juga ingin segera dibuka kembali fasilitasnya untuk publik. Tapi, kita tetap memerhatikan protokol kesehatan, sehingga tetap aman dan nyaman untuk semua. Rencana, pekan depan akan kita simulasikan dulu sebelum benar-benar dibuka,” imbuhnya. Sementara itu, Pelukis Mural, Gindring mengaku, dengan senang hati mengerjakan mural di bangunan ikonik GOR Samapta ini. Selain dapat menyalurkan bakat seninya, juga dapat memberi warna baru di kompleks Gelora Sanden.

“Konsep gambarnya mengambil ikon-ikon di Kota Magelang, seperti gethuk, topeng ireng, water toren, gunung tidar, militer, dan lainnya. Pengerjaan sekitar sepekan dengan dana yang lumayan,” ungkapnya.


Asef Amani

Tinggalkan Balasan