Gedung Baru Kantor DPUPR Ambil Filosofi Water Toren


MAGELANG, SM Network – Pemkot Magelang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) mulai melaksanakan pembangunan gedung baru kantor DPUPR di Jalan Jend Sudirman Magelang. Proyek yang cukup prestisius ini menelan anggaran APBD Kota Magelang hingga Rp 16.713.699.000.

Kabid Cipta Karya DPUPR Kota Magelang, Puji Hartono mengatakan, pembangunan dimulai sejak surat perintah mulai kerja (SPMK) diterbitkan pada 29 April 2020 lalu. Pelaksanaan pembangunan selama 240 hari kerja sampai pada 24 Desember 2020.

“Saat ini bangunan lama sudah diratakan dengan tanah. Tahap selanjutnya mulai pengerjaan bangunan baru oleh KSO PT Duta Mas Indah dan PT Sari Mas Indah Sejahtera,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (16/6).

SM/Asef F Amani – MULAI BANGUN: Bangunan kantor lama DPUPR Kota Magelang sudah diratakan dengan tanah dan mulai dibangun kantor baru di tahun 2020 ini dengan anggaran APBD Kota Rp 16.713.699.000.

Dia menuturkan, bangunan yang mengusung konsep green building ini direncanakan terdiri dari tiga lantai. Konsep bangunan hijau ini pun menjadi proyek percontohan (pilot project) untuk proyek pembangunan gedung lainnya di Kota Sejuta Bunga.

“Untuk konsep bangunan hijau ini, kami memanfaatkan tenaga matahari, yakni memakai solar cell. Selain juga kami tetap memakai daya listrik dari PLN,” katanya.

Untuk mengurangi pemakaian daya listrik, pihaknya juga menghadirkan lebih banyak unsur kaca di sejumlah bagian. Termasuk elemen tanaman yang membuat gedung terlihat lebih hijau dan menyegarkan.

“Di samping konsep green building, kami juga mengusung filosofi bangunan cagar budaya Water Toren di alun-alun yang berbentuk bundar. Kami bentuk bangunannya bundar, sehingga benar-benar mempresentasikan kekhasan Kota Magelang yang memiliki Water Toren sebagai ikon,” jelasnya.

Puji menambahkan, di atap gedung menurut rencana dapat dimanfaatkan baik untuk kegiatan kantor, seperti rapat maupun yang lain. Untuk itu, atap gedung dibikin kuat, sehingga bisa digunakan berkegiatan.

“Ke depan atap gedungnya bisa dimanfaatkan untuk ruang rapat dengan pemandangan Gunung Tidar dan alam sekitar. Tapi, sementara belum dilaksanakan di tahun ini, karena keterbatasan dana,” paparnya.


Asef Amani

4 Komentar

  1. Like!! Thank you for publishing this awesome article.

  2. 897067 181475Fantastic beat ! I wish to apprentice while you amend your site, how could i subscribe for a weblog site? The account aided me a acceptable deal. I had been slightly bit acquainted of this your broadcast provided bright clear idea 573698

Tinggalkan Balasan