SM/Dian Nurlita - HULU SUNGAI: Lokasi semburan gas metana di dusun Drojogan Desa Sriwedari Kecamatan Salaman.

MUNGKID, SM Network – Warga dusun Drojogan Desa Sriwedari Kecamatan Salaman, digegerkan dengan kemunculan semburan Gas metan di lokasi normalisasi Sungai Tangsi.
Semburan gas tersebut pertama kali diketahui ketika anak-anak Dusun Drojogan bermain air di lokasi Sungai Tangsi. Secara tidak sengaja mereka melihat gelembung yang muncul dari dalam tanah.

”Anak-anak biasa main-main di lokasi normalisasi sungai, kemudian mereka melihat ada gelembung. Setelah didekati dan tertarik dicoba menyalakan korek api diatasnya, ternyata kok menyala. Kemudian anak-anak melapor kepada kami,” jelas Muhammad Iksan salah satu warga Desa Sriwedari saat diwawancarai Minggu (19/4).Iksan juga menjelaskan bahwa posisi semburan tersebut, berada di tengah bendungan Sungai Tangsi dan sempat menjadi tontonan warga.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto mengatakan, berdasarkan laporan sementara dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah yang meninjau lokasi tersebut bahwa tidak berbahaya.

“Setelah melakukan pengecekan lokasi bersama ESDM, maka secara berkala akan dilakukan pemantauan untuk monitoring potensi dan kandungan gas. Kemudian kami menyarankan, agar segera melaporkan kepada Desa dan Kecamatan apabila terjadi perkembangan yang signifikan,” ujar Edy.

Edy juga menganjurkan, jika saat aliran sungai sedang surut dan titik semburan gas tidak terendam sebaiknya di bakar (dinyalakan api) sehingga tidak meacuni dan bisa segera turun tekanan gas tersebut.

“Mengetahui hal tersebut, kami membuat garis pembatas untuk mengamankan agar semburan gas tidak untuk permainan. Juga potensi gas kurang signifikan untuk dikelola lebih lanjut,” paparnya.

Diketahui lokasi kejadian berada pada bagian hulu sebuah bendungan yang telah dibangun pada jaman belanda, daerah tersebut memungkinkan menjadi area tertumpuknya material organic yang terbawa oleh aliran sungai. Beban sedimentasi yang terjadi pada aliran sungai memberikan tekanan pada tumpukan material organic pada dasar sungai sehingga terbentuk gas.


Dian Nurlita/Kim

1 KOMENTAR