Ganjar Beri Lampu Hijau Pembukaan Candi Borobudur

MUNGKID, SM Network – Dalam evaluasi kesiapan yang dilakukan pada Rabu pagi (10/6), gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, beri lampu hijau pada objek wisata Candi Borobudur yang akan dibuka pekan depan.

Rencananya simulasi pembukaan Candi Borobudur akan dilakukan selama 14 hari, terhitung mulai pekan depan. Namun pihaknya bersama dengan pengelola akan mencoba menerapkan pembukaan tersebut secara bertahap dengan menghitung kapasitasnya satu persatu, serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat. “Hari ini bersama-sama kita melihat simulasi Candi Borobudur dibuka untuk umum, dalam artian tetap dibatasi,” ujar Ganjar.

Pertama saya mengecek dari awal sangat rigid, lanjut Ganjar, karena itu sangat rigit maka kita harapkan nanti cara berdatangannya betul-betul tahu. “Kedua akan ada pemandu yang akan menjelaskan satu per satu jaga jaraknya diatur selalu, dan mudah-mudahan nantinya akan bisa memberikan satu obat rindu kepada mereka yang akan kembali atau piknik ke Candi Borobudur,” imbuhnya.

Ia berharap dengan langkah-langkah yang disiapkan oleh TWC, nantinya pariwisata di Candi Borobudur ini benar-benar siap. “Mohon maaf jika nanti kita belum bisa membuka dalam kapasitas besar. Agar nantinya wisatawan mendapatkan kenyamanan, serta tidak mendapatkan potensi-potensi penularan dengan menerapkan SOP yang ketat,” tegas Ganjar.

Sementara itu, Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono, menerangkan bahwa dalam simulasi yang dilakukan pekan depan itu, pengunjung dibatasi maksimal 5000 pengunjung per hari.
“Paling banyak kita akan menerima 5000 wisatawan, yakni sekitar 20-30 persen dari biasanya. Kita harus menjamin bahwa protokol berjalan dengan baik, karena fokusnya pada keamanan kesehatan,” terang Edy.


Dian Nurlita

5 Komentar

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. Good one! Interesting article over here. It’s pretty worth enough for me.

  3. I love looking through a post that can make people think. Also, many thanks for permitting me to comment!

Tinggalkan Balasan