Ganjal Exit Shutter, Begini Cara RG Bobol ATM RST dr Soedjono

MAGELANG, SM Network – Kurang dari 24 jam, Polres Magelang Kota menangkap pelaku pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dengan modus baru. Pelaku sementara seorang diri yang ditangkap di sekitar lokasi kejadian, RST dr Soedjono Magelang pada Senin (13/7).

Kapolres Magelang Kota, AKBP Nugroho Ari Setiyawan mengatakan, pelaku berinisial RG (40) asal Desa Margorejo, Kecamatan Gladasari, Kabupaten Boyolali. Tersangka melakukan aksinya di mesin ATM depan RST sekitar pukul 10.50. “Modusnya, pelaku mengambil uang di mesin ATM tersebut dengan kartunya sendiri. Nominal yang dipilih maksimal uang yang bisa ditarik, Rp 2,4 juta,” ujarnya dalam jumpa pers Operasi Sikat Jaran Candi 2020 di halaman Mako 1 Polres Magelang Kota, Senin (3/8).

Dia menuturkan, saat uang sudah di mulut ATM, pelaku mengganjal bagian exit shutter (pintu keluar uang) dengan obeng. Sehingga, transaksi otomatis terhenti atau muncul tulisan di layar ATM “Transaksi Gagal” dengan keterangan lanjutan saldo milik pelaku tetap.

“Lalu, pelaku mengambil kartunya dan uang yang sudah ada di mulut mesin dengan kawat satu per satu. Total yang diambil 23 lembar pecahan Rp 100.000 dan tersisa satu lembar di mesin tersebut,” katanya.

Tak lama setelah kejadian itu, katanya, pihak vendor mesin ATM, yakni PT SSI datang melapor ke Mako dengan keluhan kerusakan sistem. Bersama petugas dari vendor, aparat langsung mengecek lokasi kejadian dan memeriksa kamera CCTV di dalam ATM.

“Dari hasil penyelidikan, kita ketahui ciri-ciri pelakunya. Saat dicari, ternyata pelaku masih berada di sekitar tempat kejadian perkara (TKP). Langsung kami amankan dan pelaku mengakui perbuatannya,” jelasnya.Kasat Reskrim Polres Magelang Kota, AKP I Dewa Gede Ditya Krisnanda menambahkan, saat diperiksa, RG mengaku baru pertama ini melakukan aksinya. Uang hasil pembobolan ini pun belum dipakainya sama sekali.

“Uangnya masih utuh Rp 2,4 juta, dan sudah kami amankan sebagai barang bukti beserta mesin exit shutter, obeng, dan lainnya. Pelaku sempat membung obeng yang digunakannya untuk mengganjal mesin, tapi kami berhasil menemukannya,” paparnya.

Pelaku, kata Ditya, juga mengaku, tindak kriminalnya ini berasal dari belajar ke teman dan menonton channel Youtube. Modus dengan mengganjal exit shutter ini dinilai modus baru yang terjadi di wilayah hukum Polres Magelang Kota. “Sebelumnya belum pernah kami mendapat laporan pembobolan ATM dengan modus ini. Pelaku termasuk berani, karena melakukan di siang hari dan jam ramai orang. Padahal, dia cukup lama saat di dalam ATM, sekitar 10-15 menit. Tapi, warga di sekitar tidak ada yang curiga,” imbuhnya.

Kepada Suara Merdeka, pelaku mengaku, baru pertama kali ini melakukan aksinya dengan alasan faktor ekonomi. “Baru pertama ini. Tekniknya belajar dari teman dan menonton Youtube,” ungkap RG.


Asef Amani

2 Komentar

  1. 138028 455704I discovered your weblog post internet website on the search engines and appearance several of your early posts. Always sustain the top notch operate. I additional the Feed to my MSN News Reader. Seeking forward to reading much far more on your part down the line! 269705

  2. 554363 918110Im not that significantly of a internet reader to be honest but your web sites really good, keep it up! Ill go ahead and bookmark your web site to come back later. All of the best 953446

Tinggalkan Balasan