Foto : Shalat Ied Ditengah Corona

MESKI ada Pandemi Covid-19 warga tetap khusyuk menjalankan sholat sunah pasca puasa selama 1 bulan penuh. Sejak pagi warga muslim mulai berbondong-bondong untuk melaksanakan Sholat Ied. Namun begitu jamaah tetap menjalankan protokol kesehatan yakni dengan mengenakan masker, mencuci tangan dan hand sanitizer, dicek suhu tubuh dan tetap jaga jarak saat sholat.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, masjid tidak memperbolehkan warga untuk saling berjabat tangan. Ikrar Syawal yang menjadi penutup khotbah dari tahun ke tahun yang dikumandangkan di masjid tersebut tetap disuarakan. Ketua Dewan Syuro Masjdi Jogokaryan, Muhammad Jazir ASP mengatakan, kekhusyukan para jamaah salat Id tetap terjaga meski di tengah pandemi.

SM/Dananjoyo – Keterangan Foto : Umat muslim melakukan ibadah Sholat Idul Fitri 1441 H di jalan dan di depan rumah masing-masing, di sekitar Masjid Jogokaryan, Mantrijeron, Yogyakarta, Minggu (24/5).

Menurut Jazir selama ini masyarakat menjadi paranoid dengan adanya Covid-19. “Salat Id itu perlu, karena ini sebagai syiar, gairah dan semangat umat islam dalam menghadapi pandemi Covid-19. Mindsetnya harus dirubah, masjid bukan tempat penularan Covid-19,” katanya. Problem utama penyebaran Covid-19 ini menurutnya bukan pada Salat jemaah atau kegiatan keagamaan lainnya. Melainkan disiplin masyarakat menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan. Untuk itu saat ini, masjid merberlakukan protokol ketat.

SM/Dananjoyo – Keterangan Foto : Umat muslim melakukan ibadah Sholat Idul Fitri 1441 H di jalan dan di depan rumah masing-masing, di sekitar Masjid Jogokaryan, Mantrijeron, Yogyakarta, Minggu (24/5).

Bagi warga luar Jogokaryan, yang ingin mengikuti salat Id berjamaah, pengurus masjid menyediakan ruang khusus yakni di akses jalan menuju masjid. Penyekatan ini dilakukan agar para jamaah dari warga luar Jogokaryan tidak bercampur dengan warga setempat. Dalam khotbahnya Jazir yang juga imam besar Masjid Jogokaryan ini berpesan, perayaan Idulfitri 1441 Hijriyah kali ini sebagai momentum mengembalikan jati diri umat muslim di tengah pandemi Covid-19.


SM/Dananjoyo Kusumo

2 Komentar

  1. 445471 967027Some truly great content material on this web web site , appreciate it for contribution. 969909

  2. 625958 646112I saw plenty of internet site but I believe this one contains something particular in it in it 38627

Tinggalkan Balasan