Foto Penyemprotan Disinfektan Pasar Beringharjo

JOGJAKARTA, SM Network : Menyusul ditemukannya seorang pedagang yang terpapar Covid-19, pasar Beringharjo disemprot disinfektan, Selasa (15/9/2020). Penyemprotan dilakukan pada sisi timur pasar di semua lantai pasar Beringharjo.

Tidak ketinggalan lorong blok B2 dan blok G2 lantai dua di mana lapak pedagang yang terpapar Covid-19 dan sehari-hari berjualan sayur. Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan unit kendaraan pemadam kendaraan di sepanjang lorong pasar dan petugas dari Disperindag yang menggunakan alat penyemprot elektrik untuk menjangkau kawasan sempit lainnya.

Semprot Pasar Beringharjo

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta, Yunianto Dwisutono, penyemprotan ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Pasar Beringharjo setelah ditemukannya pedagang yang terpapar virus tersebut belum lama ini.

“Walaupun sebetulnya secara rutin penyemprotan sudah kami lakukan, namun hari ini kembali dilakukan untuk sterilisasi,” ujar Yunianto.

Ia juga menambahkan jika lapak di sekitar pedagang juga ditutup dan masih melakukan pelacakan dan menunggu hasilnya dari Puskesmas Gondomanan.

“Pasien yang terpapar itu dikatakan telah dalam kondisi sakit sejak lama. Namun, saat pertama kali dilakukan tes usap hasil yang keluar menyatakan reaktif, kemudian dilakukan tes kedua kalinya dan hasil menyatakan pasien positif Covid-19 pada Minggu 13 September lalu,” jelasnya.

Menyikapi hal tersebut, Senin lalu pihak Disperindag bersama tim Gugus Tugas melakukan pelacakan kepada pedagang lain yang berkontak erat dengan pasien tersebut. Hasil pelacakan mendapati 18 orang pedagang yang dinyatakan kontak erat dan diharapkan segera melakukan tes usap.

Sementara itu Yunianto mengklaim, bahwa upaya penerapan termasuk pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 di kawasan pasar Beringharjo selama ini sudah berjalan cukup optimal.

Namun begitu, masyarakat yang beraktivitas di kawasan pasar diharapkan punya inisiatif untuk selalu menjaga keamanan dan keselamatan bersama saat berada di tempat publik.

“Disperindag juga mewajibkan pemasok barang ke Beringharjo yang berasal dari daerah lain untuk menyertakan surat keterangan sehat saat memasuki kawasan itu” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan