Foto : Pasien Covid19 Gunakan Hak Pilih

JOGJAKARTA, SM Network – Sebagai upaya dalam memenuhi pelayanan demokrasi bagi warga yang dinytakan positif Covid 19 dan harus menjalani isolasi dan tetap bisa menyalurkan hak suaranya, maka dibuatlah TPS khusus, namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pemungutan suara di TPS khusus ini dilakukan untuk memfasilitasi mereka yang meski dalam masa isolasi agar tetap bisa menyalurkan hak suaranya.

SM/Dananjoyo

Berdasar pengamatan Suara Merdeka di lokasi, mereka dipanggil satu per satu, sebelum mencoblos harus mencuci tangan kemudian menggunakan sarung tangan plastik. Setelah mencoblos, mereka tidak perlu melipat kertas tetapi hanya meninggalkannya di meja. Petugas yang akan mengambil kertas tersebut yang kemudian dibungkus plastik dan memasukkannya ke kotak suara.

Para pemilih yang telah mencuci tangan tetap diminta menggunakan sarung tangan plastik saat mencoblos. Selanjutnya setelah mencoblos, sarung tangan dibuang, baru mereka diberi tinta. Setelah itu mereka keluar, dilanjutkan makan siang.

SM/Dananjoyo

Sementara itu petugas mengenakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap seluruh tubuh dengan faceshield atau pelindung wajah. Petugas KPPS yang melaksanakan pemilihan diambil dari tenaga kesehatan dengan prosedur protokol kesehatan yang berbeda dengan yang diterapkan di TPS.

Menurut petugas KPPS, ada sebanyak 73 jiwa yang menggunakan hak pilihnya. “Jumlah keseluruhan ada 75 namun yang berhak menggunakan hak pilihnya 73 orang” katanya.

SM/Dananjoyo

Untuk diketahui, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mlati mempersiapkan tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) bayangan. TPS ini disediakan guna memfasilitasi pasien yang berada di RSUP Sardjito. Dan dua fasilitas kesehatan (faskes) darurat penanganan Covid-19 yakni Asrama Haji dan Rusunawa Gemawang.

Tinggalkan Balasan