SM/Asef F Amani - EXTRA FOOD : Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito menyerahkan bantuan extra food dari anggota Forpimda kepada tenaga kesehatan di RSJ Prof Dr Soerojo Magelang.

MAGELANG, SM Network – Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Magelang mendukung penuh perjuangan para tenaga kesehatan dalam menangani pandemi Covid-19. Peran mereka dinilai sangat penting, mengingat sebagai garda terdepan dan benteng terakhir penanganan virus tersebut.

Sebagai bentuk dukungan moril, Forpimda menyerahkan bantuan makanan dan minuman tambahan (extra food) kepada para tenaga kesehatan dan petugas rumah sakit. Utamanya di RSUD Tidar Kota Magelang, RST dr Soedjono Magelang, RSUD Budi Rahayu, dan RSJ Prof Dr Soerojo Magelang.

Bantuan secara simbolis diserahkan Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito kepada direktur dan kepala rumah sakit setempat, Selasa (21/4). Turut hadir Wakil Wali Kota, Windarti Agustina, Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan, Dandim 0705/Magelang Letkol Czi Anto Indriyanto, Kajari Magelang Wawan Ernawan, dan Ketua PN Magelang M Djohan Arifin. Sigit mengatakan, segenap unsur pimpinan daerah serius dalam menangani pandemi Covid-19 ini. Pihaknya pun tak lupa dengan peran para tenaga kesehatan di rumah sakit dan juga Puskesmas dalam memerangi virus tersebut.

“Bantuan extra food ini tak seberapa, ini bentuk perhatian kami kepada para tenaga kesehatan. Tujuannya satu, kami ingin SDM di rumah sakit ini sehat semauanya,” ujarnya.

Dia menilai, komitmen rumah sakit dalam menangani pandemi ini sangat serius. Bahkan, sampai memiliki satuan tugas masing-masing. Semua elemen pun mendukung rumah sakit, Puskesmas, dan para tenaga medis dalam melayani masyarakat.

“Kita harus saling membantu. Kita tidak bisa sukses dengan upaya sendiri, semua elemen harus mendukung. Kalau di rumah sakit, ya dokternya, perawatnya, bahkan sampai cleaning servisnya harus saling mendukung,” katanya.

Adapun extra food yang diberikan berupa susu, madu, telur, minumen suplemen, dan makanan kecil. Bantuan ini didistribukan ke para tenaga kesehatan oleh manajemen rumah sakit masing-masing.

Plt Direktur RSUD Tidar Kota Magelang, Septi Milna menyambut baik adanya bantuan dari Forpimda Kota Magelang ini. Bantuan ini dinilai bisa memberikan semangat kepada petugas rumah sakit dan tenaga kesehatan dalam bersama-sama menangani Covid-19.

“Ini bentuk kepedulian beliau-beliau kepada petugas rumah sakit dan tenaga kesehatan. Kami tetap semangat menjalankan tugas, khususnya menangani Covid-19,” jelasnya.

Dirut RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, dr Eniarti MSC SpKJ MMR sepakat bahwa, bentuk perhatian pimpinan daerah ini sangat bernilai bagi para tenaga kesehatan yang tengah berjuang menangani Covid-19.

“Kami sendiri sempat menangani 47 pasien baik PDP maupun ODP Covid-19. Sebanyak 33 menjalani rawat inap, sedangkan 14 karantina mandiri. Di antara mereka ada juga PDP yang merupakan ODGJ (orang dengan gangguan jiwa), kiriman dari Jogja,” ungkapnya.


Asef Amani

1 KOMENTAR