Evaluasi Penyaluran BST, Penerapan Protokol Covid 19 Diperketat

KULONPROGO, SM Network – Bantuan Sosial Tunai (BST) Covid 19 di Kabupaten Kulon Progo telah disalurkan di lima kapanewon (kecamatan) dan akan dilanjutkan untuk tujuh kapanewon lainnya. Berdasarkan hasil evaluasi, penyaluran BST di tujuh kapanewon akan dilaksanakan dengan penerapan protokol Covid-19 yang lebih ketat.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi (Rakor) persiapan penyaluran BST Covid 19 untuk tujuh kecamatan melalui Kantor Pos antara Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kulon Progo bersama PT POS Indonesia cabang setempat di Aula Adikarto, kompleks Pemkab Kulon Progo, Rabu (13/5).

Rakor dilaksanakan sebagai tindak lanjut dan evaluasi pelaksanaan penyaluran BST sebelumnya pada Kapanewon Wates, Kalibawang, Nanggulan, Girimulyo dan Temon. Sedangkan penyaluran berikutnya di tujuh kapanewon meliputi Pengasih, Kokap, Panjatan, Galur, Lendah, Sentolo dan Samigaluh.

Kepala Dinas Sosial PPPA Kulon Progo, Y Iriyanta, mengungkapkan BST dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI di Kulon Progo disalurkan kepada 17.643 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan besaran masing-masing Rp 600 ribu. Dalam penyalurannya akan menerapkan protokol Covid-19 dengan ketat.

“Melihat kejadian evaluasi sebelumnya, kali ini dalam penyaluran BST sesuai dengan protokol pencegahan Covid 19 dengan ketat, dengan pemeriksaan suhu badan, tempat cuci tangan dan pengaturan jalan masuk dan keluar lokasi serta dukungan berbagai pihak sangat diharapkan,” katanya.

Selain itu, dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) jika ada yang tidak tepat sasaran, misalnya yang bersangkutan atau keluarga yang tercantum sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah, agar segera melaporkan kejadian tersebut pada Koordinator Pengelolaan Keuangan Daerah (KPKD) sehingga dapat segera ditindaklanjuti.

Bupati Kulon Progo, Sutedjo, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kulon Progo Jumanto, mengatakan penyaluran BST menunjukkan adanya kepedulian dari Pemerintah Pusat kepada warga masyarakat yang terkena dampak pandemi Corona.

“Kegiatan penyaluran BST ini merupakan kegiatan dalam rangka pemberian Jaring Pengaman Sosial (JPS) berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia,” katanya.

Jumanto mengharapkan agar dalam penyalurannya tetap menggunakan protap Covid 19 yakni cuci tangan, jaga jarak, menghindari kerumunan, dan semua orang yang datang wajib mengenakan masker. Tentunya PT Pos Indonesia harus benar-benar memperhitungkan semuanya, agar tetap berjalan sesuai dengan protokol pencegahan Covid 19.

Melihat pelaksaan penyaluran sebelumnya, pada pelaksanaan berikutnya di tujuh kapanewon juga diharapkan dapat berjalan lebih baik lagi. “Oleh karena itu pada kesempatan ini dapat mempersiapkan segala sesuatunya, agar nanti pada pelaksanaannya benar-benar tertib, aman dan sesuai dengan aturan protocol Covid 19,” harapnya.

Adapaun rencana jadwal penyerahan BST di tujuh Kapanewon yang disampaikan Kepala PT Pos Indonesia cabang Kulon Progo yakni, Kapanewon Kokap pada Jumat (15/5), Galur Sabtu (16/5), Panjatan Minggu (17/5/), Pengasih Senin (18/5), Sentolo Selasa (19/5), Samigaluh Rabu (20/5), dan Lendah pada Kamis (21/5).


Panuju Triangga

2 Komentar

  1. 400628 847977I think this web internet site has got really wonderful indited written content articles . 534134

  2. 308874 672809Spot up for this write-up, I really feel this exceptional web site requirements a good deal a lot more consideration. Ill more likely be once once again to read considerably much more, thank you that info. 476016

Tinggalkan Balasan