Enam ASN DPKP DIY Terpapar Covid-19

YOGYAKARTA, SM Network – Enam orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY terkonfirmasi positif Covid-19. Satu orang diantaranya diisolasi di Asrama Haji, 2 orang di BPSDMP, dan 3 orang menjalani isolasi mandiri.

“Mereka sebagian besar OTG. Jadi bisa diisolasi mandiri untuk proses penyembuhannya,” ungkap Wakil Kepala DPKP DIY Syam Arjayanti, Rabu (18/11).

Temuan kasus ini bermula dari seorang pegawai DPKP DIY berjenis kelamin perempuan usia 25 tahun. Pegawai asal Batang ini pergi keluar kota untuk menghadiri acara keluarga pada cuti bersama akhir Oktober lalu. Sekembalinya ke Yogyakarta, yang bersangkutan merasa kurang enak badan dan memutuskan untuk melakukan swab mandiri. Hasilnya ternyata positif.

Pegawai ini diketahui sempat masuk kantor dari tanggal 2 hingga 4 November dan melakukan kontak langsung dengan rekan kerja yang berada satu ruangan dengannya. Setelah mendapat laporan, pada tanggal 5 November seluruh seksi tempat pegawai terkonfirmasi positif Covid-19 ini diwajibkan untuk menjalani Work From Home (WFH).

“Kami langsung melaporkan kasus itu kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY serta Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Kemudian ditindaklanjuti dengan kontak tracing,” terang Syam.

Tracing yang dilakukan merujuk pada 8 orang yang kontak langsung dengan pegawai tersebut. Dari hasil swab, 5 orang dinyatakan positif Covid-19. Kelima pegawai yang terkonfirmasi positif ini terdiri atas laki-laki berusia 30 tahun asal Sleman, laki-laki 58 tahun asal Bantul, laki – laki 32 tahun asal Kebumen, perempuan 25 tahun asal Nganjuk, dan perempuan 30 tahun asal SlemanSetelah mendapati ada personel yang terpapar Covid-19, lingkungan kantor DPKP disterilkan dengan disinfektan. Proses sterilisasi ini diperketat sampai dengan masa inkubasi virus selesai.

Tinggalkan Balasan