Empat WNA India di Sleman Positif Corona, 11 Negatif

SLEMAN, SM Network – Empat warga negara asing (WNA) India yang merupakan anggota jamaah tabligh internasional, dinyatakan positif Covid-19. Saat ini, keempatnya masih dirawat di rumah sakit Hardjolukito.

Dalam daftar pasien positif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, WNA asing itu tercatat dengan penomoran kasus 81 (laki-laki, 48 tahun), kasus 82 (laki-laki, 46 tahun), kasus 83 (laki-laki, 36 tahun), dan kasus 84 (laki-laki, 31 tahun). “Setelah dilakukan rapid test oleh Dinkes Sleman, dilanjutkan dengan PCR hasilnya positif,” kata Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, Minggu (26/4).

Keseluruhan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman melakukan rapid test terhadap 15 WNA India saat transit di Masjid Al Ittihaad Dusun Kocoran, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok. Belasan warga asing itu diketahui sudah sejak satu bulan terakhir tinggal di Sleman.

Mereka tidak bisa pulang ke negara asalnya karena India telah memberlakukan lockdown. Dari 15 WNA India yang diuji dengan rapid test, 9 menunjukkan hasil reaktif dan sisanya negatif. Enam orang asing yang negatif dari hasil tes masif itu kemudian ditempatkan di shelter Balai PMD Kemendagri Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman.

Adapun, 9 WNA yang reaktif dirawat di RS Hardjolukito. Dalam perkembangannya, empat orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona sedangkan lima WNA lainnya berdasar hasil uji swab dinyatakan negatif Covid-19. Sampai sekarang mereka masih berada di rumah sakit sembari menunggu hasil koordinasi untuk penempatan nantinya.

Kepala Dinkes Sleman Joko Hastaryo mengatakan, pihaknya masih mengumpulkan data pendukung tracing lokasi yang pernah disinggahi oleh para WNA itu. “Datanya belum lengkap, masih terus dikumpulkan data yang mendukung,” ujarnya.


Amelia Hapsari

2 Komentar

  1. 875962 740105Merely wanna input on few common issues, The site style is perfect, the subject material is rattling superb : D. 263416

  2. 805140 770514Woh I love your posts , bookmarked ! My wife and i take issue along along with your last point. 531106

Tinggalkan Balasan