Empat Warga Desa Gambasan Kembalikan BLTDD

TEMANGGUNG, SM Network – Sebanyak empat warga Desa Gambasan, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung mengembalikan bantuan langsung tunai dana desa (BLTDD). Lantaran mereka merasa ada warga lain yang lebih berhak menerimanya.

Kepala Desa Gambasan, Wahyu Cinto mengatakan, pengembalian itu atas dasar kesadaran warganya sendiri, jika mereka tidak layak lagi menerima bantuan dan ada tetangganya yang lebih membutuhkan, terutama karena terdampak pandemi Covid-19. Maka secara sukarela mereka mengembalikan lagi kepada pemerintah.

“Untuk BLTDD tahun 2020 memang ada empat warga kami yang mengembalikan dan sudah menandatangani surat pernyataan, karena dipandang tidak layak menerima. Alhamdulillah ada kesadaran itu dan akan disalurkan kepada yang lebih berhak menerima. Kita sangat mengapresiasi kepada mereka,”ujarnya Kamis (4/6).

Disebutkan, empat orang itu adalah Koribun seorang petani dan juga tokoh masyarakat mantan Ketua RT 7 Dusun Karang Wetan, Sartono juga petani pemilik sawah seluas lima kesuk yang mengembalikan BLTDD ke II, III. Teguh Riyono seorang pengusaha bibit tanaman pertanian, dan Waluyo Sejati. Semua sudah mendatangani surat pernyataan mengundurkan diri.

“Ini pembelajaran bagi kita, bahwa yang tidak berhak menerima BLTDD punya kesadaran diri. Dengan demikian bisa kita salurkan kepada warga yang lebih berhak menerimanya,”katanya.

Disebutkan Wahyu, warga Desa Gambasan penerima BLTDD tahap I adalah 70-an orang. Lalu yang dicoret dari program JPS Kabupaten Temanggung ada 56 orang, tapi setelah diverifikasi beberapa di antaranya dicoret. Sehingga mengerucut menjadi 47 warga, yang berhak menerima BLTDD.


Raditia Yoni Ariya

Tinggalkan Balasan