Eko Prasetyo Jabat Ketua DPRD Wonsobo

WONOSOBO, SM Network – Eko Prasetyo HW resmi dilantik menjadi Ketua DPRD Wonosobo periode 2019-2024 menggantikan Afif Nurhidayat . Sekretaris DPC PDI Perjuangan itu ditetapkan sebagai Pimpinan DPRD dalam Rapat Paripurna dengan agenda utama “Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Wonosobo Masa Jabatan Tahun 2019-2024” di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD setempat, Senin (16/11).

Selain Eko, Bendahara DPC PKB Amir Husein juga dilantik untuk mengisi jabatan Wakil Ketua DPRD yang sebelumnya dijabat Muhammad Albar. Proses pelantikan melalui sidang rapat paripurna dihadiri seluruh anggota DPRD, jajaran forkompimda, pimpinan OPD dan perwakilan partai.

Eko sebelumnya menjabat Ketua Komisi B (Bidang Perekonomian) dan Husein adalah Wakil Ketua Komisi D (Bidang Pembangunan). Keduanya menggantikan mantan Ketua DPRD Afif Nurhidayat dan mantan Wakil Ketua DPRD Muhammad Albar yang mencalonkan diri, maju dalam pilkada 2020.

Ketua DPRD yang baru dilantik Eko Prasetyo HW mengaku akan secepatnya melakukan konsolidasi bersama Pimpinan Fraksi, Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD. Menurutnya, sinergi antara Pimpinan DPRD dengan Pimpinan AKD dan anggota, sangat diharapkan demi lancarnya tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat.

“Mengingat tidak lama lagi akan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD, guna menggantikan kekosongan jabatan saat ini. Diharapkan pelantikan PAW anggota DPRD dapat diselesaikan akhir tahun 2020 ini,” sebutnya.

menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan bersama Amir Husein. Pihaknya pun mohon dukungan pada semua pihak agar bisa menjalankan amanah dengan baik.

“Saya juga memberikan apresiasi pada Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Sumardiyo yang telah menjalankan agenda pelantikan dengan baik. Terima kasih pula pada mantan Ketua DPRD Afif Nurhidayat dan Wakil Ketua M Albar, yang telah menjalankan tugas sesuai fungsinya,” kata dia.

Plt Ketua DPRD Wonosobo, Sumardiyo mengemukakan, pelantikan dua pimpinan pengganti pimpinan sebelumnya mendasarkan pada peraturan DPRD Wonosobo No 1 Tahun 2020 tentang Tatib DPRD pasal 43.

“Pengganti pimpinan DPRD yang berhenti dari partai politik yang sama, diusulkan oleh partai politik dan diumumkan dalam rapat paripurna, dan proses pengusulan peresmian pengangkatan calon penggantian pimpinan DPRD kepada gubernur sebagai wakil pemerintah melalui bupati,” katanya.

Tinggalkan Balasan