E-Retribusi Siap Diterapkan di Pasar Tradisional Magelang

MAGELANG, SM Network – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang siap menerapkan e-retribusi di empat pasar tradisional. Hal ini menyusul sambutan positif dari pedagang saat dilakukan ujicoba di Pasar Cacaban tahun 2019 lalu.

Kabid Pasar Disperindag Kota Magelang, Harry Soeprijadi mengatakan, keempat pasar tradisional yang akan menerapkan retribusi elektronik ini antara lain Pasar Kebonpolo, Pasar Rejowinangun, Pasar Sidomukti, dan Pasar Gotong Royong.

“Uji coba sudah kita lakukan di Pasar Cacaban dan hasilnya pedagang menyambut baik. Maka, jika tidak ada kendala, di tahun ini semua pasar bisa menerapkan e-retribusi ini,” ujarnya di kantornya, Selasa (14/1).

Dia menuturkan, diterapkannya e-retribusi ini membuat petugas penarik retribusi tidak lagi kerepotan membawa uang dalam jumlah besar. Begitu pula tingkat kepercayaan pedagang terhadap petugas dapat meningkat.

“Contohnya, pedagang tidak perlu menunggu kembalian uang, karena saldo yang terpotong di kartu e-retribusi jumlah sudah sesuai dengan yang dibayarkan. Berbeda yang dulu saat transaksi tunai, petugas seringkali repot harus mengembalikan uang kembalian,” katanya.

Harry menambahkan, pengisian saldo di kartu e-retribusi dijadwalkan tiap dua pekan sekali. Caranya petugas datang ke pasar untuk melayani pedagang yang akan top up ke kartu.

“Satu petugas akan mengelola penarikan e-retribusi bagi 200 pedagang. Otomatis jumlah petugas di tiap pasar berbeda tergantung jumlah pedagangnya. Misalnya, di Pasar Rejowinangun jelas petugasnya akan lebih banyak, karena pedagangnya ada sekitar 2.500 orang,” jelasnya.

Efektif

Terpisah, Kepala UPT Pasar Cacaban, Tegus Karyawan mengaku, penerapan e-retribusi ini efektif dan dinilai hampir tidak ada kebocoran retribusi dari pedagang. Pihaknya memang menjadi tempat uji coba, karena merupakan pasar terkecil dengan pedagang yang lebih sedikit.

“Pasar Cacaban juga kelasnya masih kelas 4 alias di bawah sendiri dibanding pasar lainnya. Penerapan e-retribusi ini memang salah satu tujuannya menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dan kami yakin itu bisa,” ungkapnya. (Asef Amani)

4 Komentar

  1. 731335 209734My brother suggested I would possibly like this blog. He was once entirely proper. This submit truly produced my day. You cant believe just how so a lot time I had spent for this info! Thank you! 224260

  2. 572317 992898Enjoyed reading by way of this, very great stuff, thankyou . 142212

  3. 471428 149883Can anyone help me out? It will be much appreciated. 581461

  4. 328857 730531I like this post, enjoyed this 1 regards for posting . 952686

Tinggalkan Balasan