Dukungan Perbaikan Bapaslon Perseorangan Dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat

PURWOREJO, SM Network – Setelah melakukan pengecekan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo menyatakan dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) Perseorangan Bupati-Wakil Bupati, Slamet Riyanto-Suyanto, tidak memenuhi syarat dukungan perbaikan dan sebaran. Dengan demikian dokumen dukungan bapaslon perseorangan tersebut ditolak.

Proses pengecekan dokumen dukungan perbaikan bapaslon perseorangan dilakukan KPU Purworejo mulai Senin (27/7) malam setelah Slamet Riyanto-Suyanto menyerahkan dokumen dukungan perbaikan kepada KPU di Ballroom Hotel Plaza Purworejo. Bapaslon perseorangan menyerahkan dukungan perbaikan sebanyak 43.020, selanjutnya dilakukan proses pengecekan oleh KPU dan selesai Selasa (28/7) malam.

“Berdasarkan hasil pengecekan, dukungan Bapaslon Perseorangan dinyatakan tidak memenuhi syarat dukungan perbaikan dan sebaran, sehingga dokumen dukungan Bapaslon Perseorangan ditolak,” ungkap Ketua KPU Purworejo, Dulrokhim, saat dikonfirmasi Rabu (29/7).

Hal itu tertuang dalam Berita Acara KPU Kabupaten Purworejo Nomor 50/PL.02.2-BA/3306/Kab/VII/2020 tentang Hasil Pengecekan Pemenuhan Jumlah Dan Sebaran Dukungan Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2020 Masa Perbaikan, tertanggal 28 Juli 2020.

Dulrokhim menjelaskan, dalam proses pengecekan jumlah dukungan perbaikan dan persebaran Bapaslon Perseorangan Masa Perbaikan, KPU Kabupaten Purworejo melakukan sejumlah pengecekan dan penghitungan.

Meliputi pertama, menghitung jumlah dokumen dukungan perbaikan asli berupa formulir Model B . l – K W K Perseorangan Perbaikan, dengan berpedoman pada jumlah 2 kali lipat kekurangan syarat jumlah dukungan Bapaslon Perseorangan untuk Kabupaten Purworejo sebanyak 35.568 orang, serta berpedoman pada indikator keabsahan Formulir Model B . l . – K W K Perseorangan Perbaikan.

Kedua, mengecek dan menghitung jumlah dukungan yang tercantum dalam formulir Model B . 1.1 -KWK Perseorangan Perbaikan. Ketiga, menghitung persebaran dukungan perbaikan yang tercantum dalam formulir Model B.2-KWK Perseorangan Perbaikan, dengan berpedoman pada jumlah sebaran dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan untuk Kabupaten Purworejo sebanyak 16 wilayah kecamatan.

Keempat, mengecek kesesuaian jumlah dukungan dan persebarannya yang tercantum dalam formulir Model B.2 KWK Perseorangan Perbaikan dengan pemenuhan syarat jumlah dukungan dan sebaran.

Hasil pengecekan formulir model B . l – K W K Perseorangan Perbaikan, didapati bahwa dari jumlah dukungan 43.020 yang diserahkan, hanya 32.740 yang lengkap dan 10.280 tidak lengkap.

Adapun hasil pengecekan jumlah dukungan pada formulir model B . l – K W K

Perseorangan Perbaikan, model B. 1.1-KWK Perseorangan Perbaikan, dan

model B.2-KWK Perseorangan Perbaikan, didapati bahwa jumlah dukungan memenuhi syarat sebanyak 32.740, tidak memenuhi syarat 10.280, dan jumlah sebaran memenuhi syarat 16.

“Berdasarkan hasil pengecekan tersebut, dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dinyatakan tidak memenuhi syarat dukungan perbaikan dan sebaran, sehingga dokumen dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan ditolak,” tegas Dulrokhim mengutip berita acara.

Menanggapi hal itu, Slamet Riyanto menyatakan pihaknya akan mengajukan sengketa ke Bawaslu Kabupaten Purworejo. Terpisah, menurut Ketua Bawaslu Purworejo, Nur Kholiq, bagi Bapaslon apabila merasa dirugikan akibat dikeluarkannya keputusan KPU maka bisa mengajukan sengketa. Hal itu sesuai dengan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa. “Batas kedaluarsa pengajuan sengketa tiga hari kerja sejak dikeluarkannya keputusan KPU,” katanya.


Panuju Triangga

7 Komentar

  1. Like!! Thank you for publishing this awesome article.

  2. I like this website very much, Its a very nice office to read and incur information.

  3. These are actually great ideas in concerning blogging.

  4. 700892 127752I dugg some of you post as I thought they were really helpful handy 135341

  5. 902088 685063Youve produced various good points there. I did specific search terms about the matter and found mainly individuals will believe your web site 683083

Tinggalkan Balasan