SM/Asef F Amani - WAR-ON: Kepala SMK 2 Magelang, Mila Yustiana SPd MMPar bersama Owner CV Lima Enam Kreasindo, Surya Aji Pamungkas menandatangani MoU Marketplace guna mendukung pemasaran produk UMKM melalui aplikasi War-On buatan pelajar SMK 2 Magelang.

MAGELANG, SM Network – SMK 2 Magelang melahirkan ide membuat aplikasi marketplace bernama War-On (Waroeng Online). Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi sasaran dari adanya marketplace buatan siswa SMK ini.

Sebagai langkah awal dari pengenalan terhadap aplikasi ini, SMK 2 Magelang menggandeng sejumlah UMKM di Kota Magelang untuk mengikuti sosialisasi, belum lama ini. Sekaligus dilakukan tanda tangan MoU Marketplace antara pihak sekolah dan UMKM yang diwakili oleh Owner CV Lima Enam Kreasindo, Surya Aji Pamungkas.

Kepala SMK 2 Magelang, Mila Yustiana SPd MMPar mengatakan, semula pihaknya berdiskusi dalam merumuskan kurikulum yang relevan dengan industri. Kemudian, tercetus ide membuat aplikasi War-On ini yang bekerja sama dengan PT Eduraya Teknologi Nusantara (ETERA).

“Sesuai dengan namanya, War-On memiliki makna Siap Tempur. Maka, aplikasi ini siap berkompetisi dan bersaing. War-On adalah solusi untuk UMKM dengan tampilan yang sangat user friendly,” ujarnya.

Dia menuturkan, lahirnya War-On dan kegiatan sosialisasi serta MoU ini merupakan salah satu bentuk kerja sama sekolah dengan industri dan dunia kerja (Iduka). Sosialisasi bertujuan mendayagunakan potensi peserta didik dengan cara menggandeng industri yang cocok dengan kompetensi keahlian di sekolah.

Sosialisasi ini, katanya, dihadiri oleh pengawas SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Perdagangan dan Perekonomian, Ketua Komite SMK Negeri 2 Magelang, dan UMKM se-Kota Magelang.

“Kami garap sendiri kegiatan ini, yakni oleh jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK 2 Magelang. Jadi, anak-anak sendiri yang menyiapkan semua acara ini,” katanya.

Presiden Direktur ETERA, Fajar Indra Prasetyo yang hadir dalam sosialisasi mengutarakan, aplikasi War-On benar-benar dikerjakan oleh siswa SMK 2 Magelang. Sehingga, jargon SMK Hebat dapat terbukti di pembuatan aplikasi ini.

“Anak-anak benar-benar hebat dalam proses pembuatan aplikasi ini. Jargon SMK Hebat pun terbukti di sini,” tuturnya. Dia menyebutkan, UMKM yang hendak menjadi anggota di aplikasi War-On ini dapat mendaftar secara gratis dan sangat mudah. UMKM akan mendapatkan fasilitas berupa pendampingan pemakaian aplikasi dan sosialisasi fitur-fitur War-On secara rinci.

Fajar menilai, antusias dan minat UMKM terhadap War-On cukup bagus. Ia pun berharap aplikasi yang dikelola siswa-siswi SMK ini dapat terus berkembang dengan jumlah anggota yang terus meningkat.

“Semoga ke depan War-On bisa semakin membantu UMKM dan meningkatkan perekonomian masyarakat kecil,” ungkap Surya Aji Pamungkas yang mewakili UMKM.