Anggota TNI bantu warga bangun jamban di Desa Gemblengan Kecamatan Garung, Kamis (4/3)

WONOSOBO, SM Network – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-110 Kodim 0707/Wonosobo, melaksanakan pembangunan jambanisasi di Dusun Bedilon Desa Gemblengan Kecamatan Garung, Kamis (4/3).

Anggota Koramil 04/Garung, Serma Parjiman yang tergabung dalam satgas TMMD mengatakan, tujuan pembangunan jambanisasi tersebut dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki jamban yang sehat. Dengan pembangunan ini, masyarakat diharapkan mau merubah pola hidup sehat, terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki fasilitas untuk  BAB (Buang Air Besar).

“Pengerjaan jamban terus dikebut. Artinya setiap rumah harus memiliki jamban sendiri dan untuk mendukung kesehatan atau Open Defecation Free  ODF, kita terus kebut pengerjaan jamban ini secepat mungkin. Pembuatan jamban mudah, tinggal di pasang jambannya dan di semen terus dikasih dinding sudah jadi,” tegas Parjiman

Seperti di ungkapkan Bu Karminah warga Dusun Bedilon Rt.03/ Rw.03 Desa Gemblengan ini, Bantuan dalam pembuatan jambanisasi sangat membantu warga. Program ini segera dimulai dengan datangnya material berupa besi, semen, paralon, dan closet. “Dengan datangnya material tersebut saya di bantu beberapa anggota TNI untuk membuat kubangan/lubang untuk saptic tank,” terangnya.

Selama ini Bu Karminah memang belum mampu untuk membuat jamban dan kamar mandi yang ideal menurut standar kesehatan. Selama ini juga tiap kali mau BAB dan mandi untuk keluarganya masih menumpang di tetangga sebelahnya.

“Tentu hal ini sangat tidak nyaman karena tidak bisa bebas sewaktu waktu mau buang hajat dan mandi. Beliau juga kasihan kepada anak anaknya bila waktu pagi harus mengantri di kamar mandi milik tetangga hingga sering anaknya telat untuk berangkat sekolah,” ungkap Parjiman.