Dua Pendaftar Tak Kembalikan Berkas, Sriyanto Kandidat Kuat Ketum KONI Kebumen

KEBUMEN, SM Network – HD Sriyanto SH MH MM menjadi kandidat terkuat Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kebumen periode 2020-2024. Pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua Bidang Hukum KONI Kebumen itu didukung oleh mayoritas pengurus kabupaten (Pengkab) cabang olahraga yakni 27 dari 33 cabor.

Bahkan pengacara senior ini sepertinya bakal menjadi calon tunggal pada Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Kebumen yang dijadwalkan akan digelar di Hotel Candisari, Karanganyar pada 12 September 2020 mendatang.

Pasalnya, dari tiga kandidat yang telah mengambil formulir pendaftaran, hingga batas akhir waktu pengembalian berkas pada Selasa (25/8/2020) hanya Sriyanto yang mengembalikan berkas pendaftaran.

Sementara kandidat lain yakni Herwin Kunadi SH pengusaha muda asal Gombong yang juga menjabat Wakil Ketua II KONI Kebumen periode 2016–2020 serta Fadlun Haryanto dari cabang olahraga (Cabor) pencak silat hingga pukul 24.00 wib tidak mengembalikan berkas pendaftaran.

Dari pantauan Suara Merdeka, sekira pukul 21.15 Wib salah satu kandidat yakni Herwin Kunadi SH mendatangi sekretariat KONI Kebumen di kompleks Stadion Candradimuka. Namun kedatangan Herwin yang juga Ketua Umum Pengkab Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) itu menyampaikan bahwa dirinya tidak akan melanjutkan pencalonannya dan mengalihkan dukungan secara penuh kepada HD Sriyanto.

“Melihat situasi dan kondisi saat ini, serta untuk kebaikan organisasi saya memberikan dukungan penuh kepada Pak Sriyanto untuk menjadi Ketua Umum KONI Kebumen,” ujar Herwin Kunadi.

Di tempat yang sama, HD Sriyanto menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Herwin Kunadi kepada dirinya. Selanjutnya dia akan mengikuti seluruh proses dan tahapan yang ditetapkan oleh tim penjaringan dan penyaringan calon ketua umum KONI Kebumen.

“Saya mendaftar atas dorongan teman-teman pengurus KONI dan saya sangat terharu ternyata banyak cabang olahraga yang memberikan dukungan,” ujar Sriyanto.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua KONI Kebumen periode 2020-2024 H Suroyo ST MSi menyampaikan bahwa pihaknya memberikan waktu penyerahan berkas pendaftaran pada 23–25 Agustus 2020. Namun sampai batas akhir waktu hanya satu kandidat yang menyerahkan berkas pendaftaran. “Dengan demikian dua kandidat lainnya dinyatakan gugur,” ujar Suroyo.

Verifikasi Berkas

Adapun tahapan selanjutnya adalah verifikasi berkas pada 26-28 Agustus. Jika terdapat kekurangan dokumen, kandidat diberikan waktu dijadwalkan untuk melengkapi pada 29–31 Agustus 2020.
“Bagi pendaftar yang nantinya ternyata belum lengkap persyaratannya, masih diberi kesempatan untuk memenuhi pada 31 Agustus,” imbuh Soroyo  didampingi Dwi Antoro, Subadiyo dan Dwi Aries Pambrasto.

Ketua Umum KONI Kebumen Sri Hartanto menyampaikan bahwa salah satu persyaratan calon harus mendapat dukungan 30 persen dari cabor. Di Kebumen terdapat 33 cabang olahraga, sehingga disyaratkan mendapat dukungan dari 10 cabor yang ditandatangani masing-masing ketua umum atau ketua hariannya.

“Praktis, maksimal terdapat tiga kandidat, karena satu cabor hanya diperbolehkan memberi dukungan satu bakal calon atau kandidat,” ujar Sri Hartanto seraya menyampaikan bahwa masa tugas kepengurusan KONI Kebumen periode 2016-2020 akan berakhir pada 20 Oktober 2020.


Supriyanto

Tinggalkan Balasan