Dua Pekan, Polisi Bubarkan 1.428 Kegiatan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA, SM Network – Lebih dari seribu kegiatan atau kerumunan massa dibubarkan Satgas Pencegahan milik Polda DIY selama berlangsungnya Operasi Aman Nusa Progo 2. Operasi ini berjalan 14 hari sebagai bagian dari pencegahan penularan pandemi Covid-19.

“Operasi ini sifatnya terpadu mendukung BPBD DIY mulai 20 Maret hingga hari ini sebagai bagian pencegahan Covid-19. Kami turunkan Satgas Pencegahan yang diambilkan dari unsur Binmas, Brimob, Polair dan Direktorat Samapta,” papar Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto dalam jumpa pers melalui teleconference, Sabtu (4/4).

Kabid Humas menyebutkan, kegiatan Operasi Aman Nusa Progo seperti penyemprotan cairan disinfektan di seluruh wilayah DIY yang tercatat sudah dilakukan 341 kali. Kemudian, kegiatan himbauan sekaligus membubarkan kegiatan kumpul-kumpul masyarakat yang tak jelas. Kegiatan ini berhasil membubarkan 1.428 kali berbagai bentuk kegiatan masyarakat. Dalam kegiatan itu dilakukan pula sosialisasi physical distancing kepada masyarakat.

“Kegiatan utama memberikan himbauan bahanya Covid-19 ditambah sekaligus pembubaran. Kegiatan ini memang awalnya masyarakat masih belum banyak yang memahami bahayanya korona dan mencegahnya,” tutur Yuliyanto.Selama operasi berlangsung, ungkap Yuliyanto, pihaknya juga menyesar pabrik-pabrik yang ada di DIY.

Dari hal itu didapati ternyata ada sejumlah pabrik yang memperkerjakan pegawainya tidak menggunakan protokol kesehatan pencegahan korona sebagaimana diterapkan pemerintah. Pabrik seperti ini, kata dia, ditemukan di wilayah Kabupaten Bantul, meski diakuinya juga sudah banyak pabrik menerapkan protokol kesehatan kepada pegawainya yang masuk kerja.

“Ada satu pabrik konveksi di Bantul yang kami peringatkan karena belum menerapkan protokol kesehatan kepada pegawainya yang bekerja di tengah pandemi ini masih berlangsung. Kami pun paham bahwa di tengah situasi seperti ini perekonomian harus tetap berjalan. Tapi tolong protokol kesehatan tetap dilakukan,” tandas Kabid Humas.


Gading Persada

3 Komentar

  1. 597075 277846Wow i like yur internet site. It genuinely helped me with the info i wus seeking for. Appcriciate it, will bookmark. 709380

  2. 263587 613090I like this web site quite a lot, Its a extremely nice position to read and receive info . 808087

  3. 786160 840661I like this post, enjoyed this one regards for posting . 231340

Tinggalkan Balasan